Jelang HUT ke-77 Kemerdekaan RI , Bupati dan Wabup Sergai Saksikan Pidato Presiden

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menyaksikan pidato kenegaraan melalui zoom meeting yang disampaikan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR RI tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Sergai, Sei Rampah, Kamis (16/8/2022).

Dalam tanggapannya, Bupati Sergai H Darma Wijaya mengatakan ada banyak pesan penting yang disampaikan oleh Presiden pada pidatonya tersebut.

Bupati mengatakan, Presiden menyoroti tantangan berat yang dihadapi saat ini. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian yang sama. Presiden mengklaim, krisis kesehatan dan pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit.

“Lalu ada pula konflik Rusia-Ukraina. Selain itu ada ratusan negara yang kena krisis dan beberapa bahkan terancam bangkrut. Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan,” kata Bupati mengutip ucapan Presiden RI.

Namun, Bupati mengatakan, di tengah tantangan yang berat, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikkan.

Sesuai dengan data yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Bupati melaporkan kalau Inflasi berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

“ Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022 ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun,” jelasnya.

Bupati Sergai menambahkan, di kesempatan tersebut Presiden RI juga memuji semangat gotong royong rakyat Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan. Selain itu, sebutnya, Indonesia juga punya keunggulan sumber daya alam yang melimpah dan ini mesti dikelola dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Bupati pun sepakat jika Indonesia mendapat bonus demografi, ditambah dengan kepercayaan internasional. Dengan kekuatan dan peluang besar tersebut, dirinya juga percaya Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk jadi negara yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Dalam pidato tersebut, Bupati juga melaporkan kalau Joko Widodo memuji kinerja lembaga aparatur negara yang mayoritas bekerja dengan baik.

“Pak Presiden berpesan, kita harus selalu “Eling lan Waspodo”, harus ingat dan selalu waspada. Kita harus selalu cermat dalam bertindak. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah. Beliau juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen, dengan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas,” tutupnya.

Acara ini juga diikuti oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kajari Sergai Muhammad Amin SH, MH, Kepala BNN Sergai Ir, Pinondang Poltak Marganda Tobing, MSi, para wakil dan anggota DPRD Sergai, mewakili Kapolres Sergai, dan mewakili Dandim 0204/DS. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

674 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *