Tingkatkan Pengetahuan Holistik-Integratif, PAUD Sergai Gelar Bimtek

Sei Rampah,

Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Organisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (HI) Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (18/8/2022).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menjelaskan kalau HI merupakan pendidikan yang mengintegritasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologi, filosofi dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak.

Ia melanjutkan, layanan PAUD HI telah menjadi komitmen nasional. Hal ini, katanya, tercantum dalam Peraturan Presiden No. 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini Holistik-Integratif, oleh sebab itu PAUD HI menjadi upaya pemerintah pusat, daerah, organisasi mitra, dan masyarakat secara bersama dan terintegrasi.

Masih lanjut Rosmaida, penyelenggaraan PAUD HI juga merupakan komitmen pemerintah pusat dalam menjamin terpenuhnya hak tumbuh kembang anak usia dini. Ia menyebut, seluruh pihak terkait dapat bekerjasama sebaik mungkin melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara optimal, demi mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak agar kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan.

“ PAUD berbasis HI merupakan PAUD secara menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan anak, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan ditingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pusat. Kunci dari keberhasilan program ini adalah koordinasi dan kerjasama para pemangku kepentingan yang terlibat,” jelasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara Nur Asiah Nasution, S.Pd, menginformasikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan acuan dalam upaya memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini, sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan usianya, dan memberikan panduan dalam PAUD HI dengan melibatkan orang tua, masyarakat, satuan PAUD, serta lingkungan sekolah.

“ Peserta kegiatan berjumlah 110 Lembaga Satuan Pendidikan PAUD. Selain itu ada juga 10 orang fasilitator yang telah dilatih oleh Dirjen PAUD secara luring maupun daring pada 5-8 Juli lalu,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Kepala BAPPEDA Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, diundang sebagai narasumebr dengan membawa paparan berjudul “Peran PAUD HI dalam Percepatan Penurunan Stunting”. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

841 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *