Di Rakor Pengendalian Inflasi, Wabup Sergai Tekankan Pentingnya Peran TPID

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menyadari betul pentingnya peran pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi sehingga agenda tersebut penting untuk dijadikan sebagai prioritas.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, ketika mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (30/8/2022).

Wakil Bupati Sergai menyebut, sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, inflasi bisa membahayakan sebuah negara. Apabila suatu negara mengalami hiperinflasi atau keparahannya melebihi 100 persen per tahun, maka negara tersebut bisa kolaps.

Ia juga menyebut, sesuai keterangan Mendagri ekonomi Indonesia tumbuh relatif cukup baik. Namun Wabup juga sepakat, ada hal yang perlu diwaspadai yaitu ketidakmampuan negara-negara lain mengatasi pandemi COVID-19 dan ketidakmampuan negara lain menjaga ekonominya yang bisa berdampak ke Indonesia karena Indonesia merupakan bagian dari sistem globalisasi ekonomi.

“Dari berbagai penyebab inflasi, Pak Mendagri menekankan agar pemerintah daerah memperhatikan soal kelancaran suplai barang dan menjaga distribusi komoditas dengan mencegah penimbunan barang, menyediakan kelayakan infrastruktur untuk distribusi, serta antisipasi proses distribusi dalam kondisi gangguan cuaca,” terangnya.

Namun Adlin juga menyadari, pentingnya komunikasi publik dalam menyampaikan informasi terkait inflasi kepada masyarakat.

“Pak Menteri berpesan, agar pemerintah daerah tetap bekerja mengidentifikasi masalah inflasi daerah masing-masing, tapi jangan sampai membuat masyarakat panik. Intinya, beliau mengingatkan agar komunikasi jangan sampai malahan turut memicu inflasi,” ucapnya lagi.

Adlin Tambunan juga menyebut, Pemkab Sergai sendiri sudah menjalankan mekanisme pengendalian inflasi dengan mengaktifkan kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“Saya berpesan kepada TPID Kabupaten Sergai, agar selalu membuat langkah-langkah tepat, cepat, dan akurat untuk mengendalikan inflasi serta menjaga sinergi, komitmen, dan koordinasi lintas OPD. Hal tersebbut dibutuhkan agar stabilitas harga bisa terkontrol,” mintanya.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda Sergai, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, dan perwakilan OPD terkait. ( Media Center Sergai ).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

707 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *