Pemkab Sergai Saksikan Kick-Off Finance and Health Hackathon 2022 Secara Virtual

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyaksikan secara virtual Kick-Off Finance and Health Hackathon 2022, di Ruang Data Center, Kantor Dinas Kominfo Sergai, Sei Rampah, Selasa (30/8/2022).

Dalam keterangannya, Kadis Kominfo menyampaikan kalau kegiatan ini merupakan hasil inisiasi dari Kementerian Keuangan untuk menciptakan inovasi publik berbasis kompetisi yang dilaksanakan selaras dengan Presidensi G20 Finance Track dalam mendorong pemulihan ekonomi yang lebih kuat melalui digitalisasi dan pemanfaatan data seluas mungkin.

Akmal menjelaskan, melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kesekretariatan Satu Data Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan dan PT Telkom Indonesia, Hackathon 2022 akan menjadi wadah bagi munculnya inovasi publik di Indonesia melalui sinergi berbagai pemangku kepentingan meliputi pemerintah, BUMN, swasta, dan masyarakat.

“Hackathon ini juga dimaksudkan sebagai ikhtiar bersama dalam membangun budaya data di sektor publik yang mendorong akselerasi digitalisasi dan kolaborasi lintas sektor dan industri menuju governance 4.0. Pada akhirnya hackathon diharapkan dapat menghasilkan solusi yang efektif berbasis data untuk penguatan sistem keuangan dan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara inklusif,” terang Kadis Kominfo.

Masih lanjut Akmal, sebagai ajang kompetisi, Finance and Health Hackathon 2022 akan berisi dua kategori kompetisi yaitu Enhancing the Health Apps Competition dan Health and Finance Data Analytics Competition. Kedua kompetisi tersebut terbuka bagi seluruh masyarakat meliputi ASN kementerian/lembaga/pemda, anggota TNI/Polri, karyawan swasta, mahasiswa, akademisi, start-up, dan masyarakat umum.

“ Selain kompetisi, hackathon akan berisi serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan pengembangan kompetensi bagi sumber daya manusia Indonesia yaitu Data Analytics Classes, e-learning App Development, Data Knowledge Learning Center Kemenkeu, Indigo Academy, Data Communication Class, Ask Me Anything Session, Mini Showcases, Leaders’ Talk about Data, Data Analytics Awards, Showcases, dan Ngobrolin Data Keuangan,” terangnya.

Sementara itu Wakil Menteri Keuangan Suahazil Nazara berharap melalui penyelenggaraan Finance and Health Hackathon 2022 akan muncul terobosan baru yang menciptakan upaya early warning dan forward looking di bidang kesehatan dan keuangan di Indonesia.

“Saya berharap, hubungan kesehatan dan keuangan yang dilakukan dalam Hackathon dapat mengarahkan pada forward looking dan early warning, yakni perilaku dan data yang memberikan alert di awal,” ujar Suahazil.

Ikut menyaksikan kegiatan ini perwakilan OPD terkait dari Dinas Kesehatan dan Bagian Keuangan Setdakab Sergai. (Media Center Sergai).

Teks / Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

635 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *