Tingkatkan Pengawasan Aktivitas Orang Asing Demi Keamanan dan Kondusifitas di Sergai dan Tebing Tinggi

Tebing Tinggi,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, hadir dalam pembukaan rapat koordinasi (rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), yang digelar Lims Hotel Tebing Tinggi, Rabu (31/8/2022).

Dalam sambutannya, Sekdakab Sergai menyebut TIMPORA memiliki tugas dalam memberikan sarana dan pertimbangan kepada instansi dan atau lembaga pemerintah terkait mengenai hal yang berhubungan dengan pengawasan orang asing. Sekdakab mengungkapkan, pentingnya koordinasi antar instansi terkait penegakan tertib administrasi sehingga tidak dapat hanya dilakukan oleh salah satu instansi saja, namun perlu kerjasama dan sinergitas dari berbagai instansi berjenjang, mulai dari desa kecamatan hingga kabupaten dan begitu pun sebaliknya.

Secara panjang lebar, Sekdakab menjelaskan peran TIMPORA ini sangat strategis sekali. Beberapa tupoksinya antara lain melakukan koordinasi, melaksanakan pengaturan hubungan serta kerjasama antar instansi terkait dalam rangka pengawasan orang asing, mengadakan tukar menukar data dan informasi, menginventarisasi permasalahan keberadaan dan kegiatan orang asing yang berkenaan dengan badan atau instansi pemerintah terkait yang akan menimbulkan potensi pelanggaran hukum, memberikan saran dan pertimbangan kepada badan dan Instansi pemerintah sesuai dengan tugas pokok fungsinya terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing, dan melakukan operasi bersama sama dengan instansi terkait secara berkala dan insidentil sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas pengawasan kepada Ketua TIMPORA di tingkat kabupaten.

“ Karena itu saya berharap semoga dengan terbentuknya TIMPORA Kabupaten Sergai dapat dilakukan koordinasi dalam hal mendata identitas serta kelengkapan administrasi orang asing di wilayah Kabupaten Sergai secara baik dan benar. Kami juga berharap agar instansi terkait bisa membantu segala urusan yang diperlukan oleh masyarakat seperti pengurusan paspor dan lain sebagainya,” katanya lagi.

Sementara itu PJ. Walikota Tebing Tinggi diwakili Plt. Sekda Tebing Tinggi Drs. Bambang Sudaryono menyebut kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan untuk dapat meningkatkan kerjasama dalam hal tukar menukar informasi dan bersinergi antar sesama instansi dalam hal pengawasan orang asing di wilayah Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Sergai.

“Diharapkan dengan terselenggaranya rapat ini, dapat jadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni demi keamanan dan kondusifitas wilayah dan demi penegakan kedaulatan NKRI di wilayah Tebing Tinggi dan Sergai,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumut yang diwakili Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Ignatius Purwanto menyampaikan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar yang merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) dalam melaksanakan kebijakan keimigrasian di daerah sesuai dengan UU Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2011 Tentang Keimigrasian.
“ Namun, pada hakikatnya, UU tersebut tidak serta merta adalah tanggung jawab mutlak imigrasi, namun juga semua unsur pemerintah lainnya sesuai fungsinya masing-masing dalam upaya mewujudkan sistem hukum, penyempurnaan struktur hukum, dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Ia melanjutkan, diharapkan sesama anggota TIMPORA dapat bahu membahu dan bekerja sama dalam pemantauan maupun operasi bersama apabila ada ditemukan pelanggaran baik keimigrasian, kependudukan, maupun penerimaan negara dari keberadaan dan kegiatan WNA tersebut.

“Hal ini diharapkan untuk seluruh elemen masyarakat berperan aktif dalam pengawasan orang asing,” mintanya.
Hadir juga dalam kegiatan, para Camat, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Mulyadi, Kajari Sergai Muhammad Amin, SH, MH, dan Kajari Kota Tebing Tinggi Sundoro Adi,SH, MH. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

983 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *