Akses Jalan Makin Mantap, Arung Jeram Bah Bolon Diprediksi Makin Ramai

Sipispis,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) di bawah kepemimpinan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan telah menetapkan 7 program prioritas yang tercantum dalam SAPDA atau Sapta Dambaan. Dua di antaranya adalah Infrastruktur yang Terintegritas dan Wisata Maju Terus. Kedua program tersebut memiliki korelasi yang erat sehingga penting mendapat perhatian yang intensif.

Perwujudan dari hal tersebut tampak ketika Wakil Bupati (Wabup) Sergai meninjau pembangunan infrastruktur akses jalan menuju start point destinasi wisata arung jeram Bah Bolon, Desa Bartong, Kecamatan Sipispis, Senin (5/6/2022).

Dalam keterangannya di sela-sela peninjauan, Wabup mengungkapkan kalau dirinya dan Bupati Darma Wijaya memang aktif menggenjot pembangunan infrastruktur, utamanya jalan, di berbagai wilayah di Sergai. Pembangunan tersebut, ucapnya, tidak hanya bertujuan untuk memudahkan aktivitas keseharian masyarakat, akan tetapi juga menciptakan akses yang lebih mudah ke titik-titik destinasi wisata unggulan di Sergai.

“Kita sadari bersama, salah satu unsur penunjang kemajuan sektor pariwisata adalah adanya dukungan akses jalan yang memadai. Walau kualitas objek wisatanya bagus, tapi kalau jalan menuju areanya buruk, tentu akan berdampak negatif pada angka kunjungan wisatawan,” papar Adlin.

Menurut Wabup, arung jeram atau rafting di Bah Bolon popularitasnya belakangan makin meningkat di mata publik. Apalagi sejak Desa Buluh Duri yang menjadi lokasi objek wisata ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Prestasi tersebut bukan main-main. Arung jeram ini mampu menyingkirkan ribuan desa wisata yang ada di Indonesia. Apalagi beberapa waktu yang lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak Sandiaga Uno, hadir langsung menjajal keseruan berarung jeram di sini,” kata Adlin.

Dirinya berharap, pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer ini dapat menjadi katalisator geliat ekonomi masyarakat sekitar.

“Rencananya jalan yang dibangun sepanjang 1 kilometer dengan 460 meter di antaranya aspal dan sisanya rigid beton. Semoga pembangunan ini akan meningkatkan kualitas objek wisata dan kuantitas pengunjung. Tentunya yang utama, dapat berpengaruh baik pada perekonomian warga,” tandasnya.

Apresiasi dan ucapan terima kasih warga Desa Bartong diwakili oleh Kepala Desa, Heriandi Damanik. Dia meyakini, pembangunan akses jalan ini akan berdampak langsung terhadap peningkatan jumlah kunjungan ke area arung jeram yang menjadikan desanya sebagai titik start.

“Ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemkab Sergai terhadap pembangunan pariwisata,” pujinya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Tim Media Protkompim

Admin : Julia

794 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *