Kelompok Masyarakat Ramai-ramai Beraudiensi dengan Bupati Sergai

Sei Rampah,

Jalinan sinergi lewat audiensi sudah menjadi agenda rutin Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP.

Tak terkecuali hari ini, ketika Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati Sergai, menerima audiensi beberapa kelompok masyarakat mulai dari Pengurus Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PC PDGI) Kabupaten Sergai, kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Sergai. Selanjutnya giliran Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan terakhir audiensi ditutup oleh pertemuan Bupati dengan Komunitas Seni Telangkai. Seluruh audiensi ini dilaksanakan di ruang kerja Bang Wiwik, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (6/9/2022).

Dalam audiensi pertama, pihak PC PDGI Sergai menyampaikan rencananya untuk menyelenggarakan kegiatan sikat gigi massal yang akan diikuti siswa/i Sekola Dasar (SD) dari 7 sekolah di Sergai. Acara ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, yang jatuh pada 12 September mendatang.

Bupati Sergai langsung menyambut positif rencana tersebut. Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat baik sebagai kesempatan untuk menyosialisasikan dan mengedukasi pentingnya kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini.

Namun, Bupati mengingatkan kepada panitia acara PC PDGI untuk mengakomodir pelaksanaan acara secara serius dikarenakan jumlah peserta yang cukup banyak.

“Saya mengimbau agar PDGI Sergai benar-benar mempersiapkan kegiatan ini mengingat peserta hampir seluruhnya anak SD. Selain itu, saya minta supaya kegiatan ini tidak sekadar sikat gigi massal saja, namun juga dibarengi dengan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya kesehatan gigi dan mulut,” pesan Bang Wiwik.

Di kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan selamat atas terpilihnya drg. Cut Putri Elna Minarbach sebagai Ketua PDGI untuk masa bakti 2022-2025.

“Semoga di bawah kepemimpinan yang baru, PC PDGI Sergai dapat menjalin kolaborasi dengan Pemkab Sergai, dalam hal mewujudkan program prioritas kabupaten yang termuat dalam SAPDA atau Sapta Dambaan, utamanya pada aspek Masyarakat Sehat dan Religius,” tandas Bang Wiwik.

Sebelumnya, drg. Cut menyampaikan jika kegiatan sikat gigi massal akan diikuti sekitar 1.200 siswa dan dipusatkan di Lapangan Sei Bamban.

“Kami akan menyediakan pasta dan sikat gigi kepada seluruh peserta. Kegiatan direncakan berlangsung mulai pukul 08.00-11.00 pagi,” ucapnya.

Hadir juga di audiensi ini Kadis Kesehatan Selamat Hartono, SKM, MKM, Penasehat PDGI Sergai drg. Zaniyar, Ketua Pelaksana drg. Meri Kristian, beserta jajaran lainnya.

Setelah audiensi dengan PDGI, Bupati melanjutkan pertemuannya dengan pihak SMKN 1 Dolok Masihul. Di kesempatan ini, Bupati menyampaikan pujian atas tersedianya fasilitas bengkel “Ezloksi” milik sekolah. Sebabnya, bengkel ini bukan hanya sekadar sarana akademis bagi para siswa tetapi mampu menghasilkan provit yang cukup besar.

 

“Saya apresiasi kemampuan anak-anak kita yang tidak hanya unggul dalam mempraktikkan teori, namun juga kemampuan ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Ini juga bisa memupuk jiwa dan semangat mereka untuk berwirausaha,” ucap Bang Wiwik.

Di kesempatan audiensi tersebut, pihak SMKN 1 Dolok Masihul juga menawarkan kerjasama reparasi kendaraan dinas dengan pihak Pemkab Sergai.

Merespons permintaan tersebut, Bupati Sergai menyambut baik dan menyebut akan meneruskannya ke OPD terkait, khususnya yang berdomisili di sekitaran Dolok Masihul, Bintang Bayu, dan Serbajadi.

“Tapi pesan saya, siswa kita tetap didampingi teknisi dan guru terkait, supaya hasil pekerjaannya lebih terawasi dan maksimal,” tuturnya.

Kepala SMKN 1 Dolok Masihul, Rasimah, menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang diberikan oleh Bupati Sergai. Dia mengatakan, hal ini tentu akan memberi semangat tambahan kepada para siswa untuk belajar dan mempraktikkan ilmunya.

“Bengkel ini didirikan atas bantuan Kemenristekdikti pada tahun 2021 lalu. Operasionalnya disesuaikan dengan jadwal belajar-mengajar. Mulai dari bulan Februari sampai Agustus lalu, omset bengkel Ezloksi sudah mencapai 40 juta rupiah,” terang Rasimah.

Audiensi selanjutnya diisi oleh DPC Partai Demokrat Kabupaten Sergai. Di kesempatan ini, Bupati Sergai mengajak Partai Demokrat untuk saling bahu-membahu menjaga kondusivitas di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami meminta agar Partai Demokrat bisa ikut mendukung kami dalam menjalankan visi Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” ucap Bang Wiwik.

 

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Sergai Yunasril, SH, MKn, merespons baik ajakan Bupati Sergai. Dirinya juga berharap, partai berlogo mercy ini bisa ikut berkontribusi memberi support kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai dalam membangun kabupaten. Ikut mendampingi Bupati dalam audiensi ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, dan Kaban Kesbangpol M. Kahar Effendi, S.Sos.

Kemudian, Bupati juga menerima audiensi dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Sumut. Audiensi ini bertujuan untuk menyampaikan rencana SPS Provinsi Sumut mengadakan Kampanye Baca Koran yang akan dilaksanakan di 7 Kabupaten, termasuk Sergai.

  

Bang Wiwik juga memberikan dukungan penuh atas rencanan pelaksanaan kegiatan yang menyasar siswa/i SMP ini. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa dijadikan momentum bagi generasi muda untuk meningkatkan minat literasi. Apalagi saat ini menurutnya para orang tua dihadapkan pada tantangan penggunaan gadget yang berlebihan di kalangan remaja.

“Anak-anak kita mesti dikenalkan dengan literasi media yang di dalamnya memuat berbagai informasi penting terkait kondisi lokal, nasional, maupun internasional. Dengan kampanye ini, saya berharap wawasan generasi muda dapat makin meningkat,” ujar Bupati.

Sekretaris SPS Sumut Rianto, SH yang juga merupakan Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Sumut 24 berharap kesedian Bupati Sergai untuk membuka kegiatan kampanye membaca koran yang rencananya diadakan pada 14 September mendatang.

“Ada 10 media cetak yang dipastikan berkontribusi dalam perhelatan ini. Selain mengkampanyekan budaya membaca koran, kesempatan ini juga akan kami pakai untuk memperkenalkan kerja jurnalistik profesional kepada para peserta,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, mewakili Kadis Pendidikan Kepala Bidang Pembinaan SD Ramnah Sinaga S.Pd.SD, Ketua Panitia Hendrik Prayetno (Kepala Perusahaan Waspada), Agus S Lubis (Pemred Realitas) dan Asih Astuty (Pemred Sumut Pos).

Audiensi terakhir Bupati mempertemukan dirinya dengan pengurus Komunitas Seni Telangkai Tanjung Beringin. Dalam audiensi ini disampaikan rencana pelaksanaan Festival Budaya Laut pada 16-19 September mendatang.

Bupati Sergai yang memang punya concern terhadap pengembangan Pulau Berhala yang terletak di wilayah administratif Tanjung Beringin, jelas mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Bang Wiwik berharap, inovasi kegiatan ini bisa lebih mengenalkan secara luas potensi Pulau Berhala secara khusus dan kekayaaan bahari Kabupaten Sergai.

 

“Pemkab Sergai juga memiliki rencana untuk lebih menghidupkan dermaga Pulau Berhala sebagai pintu masuk ke pulau di sisi terluar Indonesia itu. Saya mendukung penuh kegiatan ini,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Komunitas Seni Telangkai Ifhanul Hakim menjelaskan kalau kegiatan ini bertajuk “Festival Budaya Laut: Alam, Budaya, Kedaulatan” dan akan menyuguhkan beragam kebudayaan pesisir Bedagai seperti dzikir laut, pertunjukan seni, silat dan senandung, parade busana orang pesisir, demo masakan tradisional Melayu, permainan rakyat tradisional, pameran lukisan, dan banyak lainnya.

“Kegiatan ini digelar secara hybrid dengan sajian langsung di Pulau Berhala, dengan peserta sebanyak 50 orang, dan tayang virtual di youtube Telangkai Sergai. Kegiatan ini diselenggarakan dengan dukungan program dari Fasilitasi Bidang Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek RI,” lapornya.

Audiensi kali ini juga diikuti oleh Asisten Ekonomi Drs. Nasrul Aziz Siregar dan Kadis Poraparbud Drs. Zulfikar.(Media Center Sergai)

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps/Irfan YE/Tim Media Protkompim

Admin : Julia

 

782 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *