Wajah Baru di Pantai Merdeka Sergai

Memiliki garis pantai sepanjang 55km, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) punya banyak potensi dalam dalam pengembangan pariwisata pantai. Sebut saja, destinasi wisata yang telah terkelola dengan baik saat ini adalah Pantai Woong Rame, Bali Lestari, Pondok Permai, Kuala Puteri dan yang lainnya yang ada di Kecamatan Pantai Cermin.

Kemudian, di Kecamatan Perbaungan ada Pantai Matang Matik, Cemara Kembar, ATP, Romantis dan Pantai Klang. Sedangkan di Pantai Sialang Buah terdapat Pantai Sialang Buah dan Sentang dan di Kecamatan Tanjung Beringi terdapat Pantai Merdeka.

Semua destinasi wisata pantai ini telah mempu mendatangkan wisatawan dan tentunya menambah pemasukan atau pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Sedangkan dampak bagi masyarakat yang tinggal disekitar pantai adalah meningkatnya perekonomian mereka dengan membuat usaha (UMKM) kuliner, souvenir maupun pusat oleh-oleh.

Salah satu pantai yang saat ini sedang berkembang adalah Pantai Merdeka yang ada di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin. Desa Bagan Kuala merupakan salah satu dari 8 desa yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin. Baru-baru ini desa ini mulai dikenal dengan karena adanbya perubahan/tampilan dai wajah Panti Merdeka.

Apa yang baru di sana? Nah, yang baru di sana adalah dengan adanya bangunan tugu di atas pasir putih pinggir pantai yang bertuliskan “Pantai Merdeka” dengan warna warni, pondok-pondok untuk para pengunjung berteduh dengan jembatan kayu menuju lokasi pantai yang dibangun oleh Lantamal I Belawan.

Dilansir dari media online metrorakyat.com, jika Lantamal 1 Belawan juga membangun Gapura secara permanen tepatnya di pintu masuk desa tersebut dengan tulisan Kampung Bahari Nusantara Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin. Tentu sangat menarik, karena mampu menunjukan bahwa Desa Bagan Kuala merupakan satu-satunya desa yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin akan menjadi objek wisata atau Desa Wisata.

Menurut Kepala Desa Bagan Kuala, Safril, perubahan wajah baru itu Pantai Merdeka ini sudah sejak ia memimpin des aini dan bekerjasama dengan Lantamal 1 Belawan serta dukungan masyarakatnya.

Masih mengutip metrorakyat.com, Kepala Desa Bagan Kuala menceritakan jika tahun 2014, saat pertama kali menjabat sebagai Kades Bagan Kuala, ia terus berusaha melakukan perubahan dengan implementasi pola pikir masyarakatnya untuk tetap menjaga dan merawat serta memajukan apa yang menjadi kebanggaan di desa tersebut.

Lelaki yang menjabat sebagai Kepala Desa dua periode ini menyampaikan jika pihaknya terus melakukan pengembangan dan pembenahan untuk menjadikan Desa Bagan Kuala sebagai salah satu Desa Wisata di Kecamatan Tanjung Beringin. Selain itu adanya lokasi wisata Pulau Berhala yang merupakan pulau terluar dan termasuk dalam wilayah Desa Bagan Kuala akan menambah deretan destinasi wisata yang berpotensi di desa ini, katanya sembari berharap agar masyarakat Desa Bagan Kuala dapat mendukung serta memajukan potensi yang dimiliki desa hingga dapat meningkatan pendapatan masyarakatnya.

Ia menambahkan bahwa semenjak terpilih dan dipercayakan masyarakat menjadi Kepala Desa Bagan Kuala periode kedua pada tahun 2019, dirinya terus berjibaku bersama masyarakat dan bekerjasama dengan Lantamal 1 Belawan untuk melakukan perubahan dengan Wajah Baru Desa Bagan Kuala “Kampung Kito” yang sesuai dengan visi misi untuk menjadikan Desa Bagan Kuala sebagai Desa Wisata.

“ Dengan adanya perubahan dan wajah baru di desa ini, saya berharap Desa Bagan Kuala akan semakin maju dan menjadi desa wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dari dalam daerah maupun luar daerah,” pungkas lelaki kelahiran asal Desa Bagan Kuala ini.

Terpisah, Heri (44) salah satu pengunjung Pantai Merdeka, warga Desa Pekan Tanjung Beringin menuturkan sangat kagum dengan perubahan desa ini khususnya pantingnya yang sekarang nampak bersih dari sampah dan disepanjang pantainya juga ditanami pohon-pohon yang nantinya bakal menjadikan pantai yang indah bersih dan sejuk. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras kepala desa pak Safril dan dukungan dari masyarakat desa Bagan Kuala.

“ Ini saya rasakan sebelumnya, dan sekarang memang jauh perubahannya sejak Safril menjabat memimpin sebagai Kades Bagan Kuala, desa ini terlihat perubahan sangat cepat. Suasana desa terlihat hidup dibuatnya, apalagi dengan adanya Ikon desa dan Ikon Pantai Merdeka. Istilahnya ada Wajah Baru di Desa Bagan Kuala,” tutupnya. (Berbagai sumber /KAMI Sergai).

1.169 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *