Pemkab Sergai Dukung Program Konversi Energi PLN

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima audiensi dan koordinasi dengan pihak Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (UP3 PLN) yang digelar di ruang audiensi Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (16/9/2022).

Dalam audiensi ini, Bupati Darma Wijaya dan pihak UP3 PLN membahas beberapa hal di antaranya konversi dari listrik pasca bayar ke mekanisme prabayar lewat penggunaan token listrik. Kemudian disinggung pula instruksi Presiden Joko Widodo untuk menggunakan kendaraan dinas berjenis mobil listrik.

Bupati Sergai menyampaikan jika pihaknya memberi dukungan terhadap keinginan PLN agar masyarakat Sergai beralih menggunakan token. Dirinya mengatakan, ada banyak keuntungan yang diperoleh pelanggan dengan beralih ke listrik prabayar. Beberapa keuntungan di antaranya yaitu pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik, selain itu pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja. Tak hanya itu saja, pelanggan tidak akan terkena biaya keterlambatan dan tentunya privasi lebih terjaga karena tidak membuat pelanggan menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter, sebab meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik pelanggan (akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan meter).

“Selain itu saya juga mendukung kampanye zero emisi di tahun 2060 dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Masyarakat juga bisa beralih menggunakan kompor listrik atau kompor induksi. Selain lebih hemat, kompor listrik juga lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Untuk menindaklanjuti masukan dan saran pihak PLN, Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, meminta pihak PLN untuk berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kami mendukung program dari UP3 PLN ini. Nantinya bisa disampaikan ke tingkat masyarakat desa melalui Camat dan seluruh Kepala Desa rencana ini,” ucapnya.

Sebelumnya Manager PLN UP3 Lubuk Pakam Deny Fitrianto, ST, mengungkapkan jika pihaknya ingin bersinergi dengan Pemkab Sergai dalam implementasi program kelistrikan. Ia juga mengajak Pemkab Sergai untuk ikut beralih ke penggunaan token dalam hal konsumsi listrik.

“Baru-baru ini Pak Presiden juga menginstruksikan agar kendaraan dinas dialihkan ke mobil listrik. Kami siap menyediakan tempat pengisian bahan bakar listrik. Ini juga bisa dikolaborasikan dengan pemberdayaan UMKM lokal di mana UMKM Sergai dapat memasarkan produk-produknya di sentra pengisian bahan bakar tersebut,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Kepala Bapenda Ikhsan, AP, M.Si, Kepala BPKA M. Zuhri Lubis, SE, MAP, Kepala BAPPEDA Rusmiani Purba, SP, M.Si, Kepala Dinas Perkim Sofyan Suri, S.Sos, MM, dan jajaran manajemen UP3 PLN. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

995 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *