Lontong Sore Bedagai, Kuliner yang Enak Kali Dengan Harga Terjangkau

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki ragam suku dan budaya yang hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Namun disamping hal tersebut, Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Deli Serdang ini juga mempunyai beragam kuliner yang sudah terkenal cita rasanya yang bukan hanya enak, tapi enak kali.

Pada artikel kali ini, Komunitas Anak Milenial (KAMI) Sergai akan menyuguhkan beragam informasi kuliner yang tentunya bermanfaat bagi pecinta makanan ya.

Yuk kita kepoin ya…

Kecamatan Tanjung Beringin, secara geografis terletak pada 2º26º -2º33º Lintang Utara dan 99º9º – 99º15º Bujur Timur. Luas wilayah Kecamatan Tanjung Beringin adalah 74,170 km2, sebagian besar merupakan dataran rendah dengan ketinggian 0-8 meter dari permukaan laut.

Kecamatan Tanjung Beringin terdiri dari delapan desa, yaitu Desa Bagan Kuala, Desa Mangga Dua, Desa Nagur, Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Pematang Cermai, Desa Pematang Terang, Desa Suka Jadi dan Desa Tebing Tinggi. Berdasarkan letak geografisnya, Kecamatan Tanjung Beringin memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut: 1. Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka. 2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Sei Rampah. 3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Bandar Khalifah dan Selat Malaka. 4. Sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Mengkudu.

Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Sergai disebut juga Bedagai yang merupakan berasal dari bahasa Melayu berarti Bedagang. Tanjung Beringin di daerahnya sendiri sering disebut dengan “Bedagai” karena Bedagai adalah nama dari kerajaan yang dahulu berkedudukan di Tanjung Beringin. Di Kecamatan Tanjung Beringin juga ditetapkan sebagai Kampung Budaya Melayu  yang berlokasi di Desa Pekan Tanjung Beringin.

Namun yang harus sobat KAMI Sergai tahu bahwa di simpang Sawit Dusun III Desa Pekan Tanjung Beringin ada kuliner yang enak kali loh. Apa itu? Tentu saja lontong sayur dan sambel yang hanya tersedia/dijual pada sore menjelang malam saja.

Tak hanya masyarakat yang ketagihan dengan nikmat rasa si lontong sore ini, Bupati Sergai H Darma Wijaya pernah bersama rombongan mampir untuk mencicipi kuliner yang rasanya telah diakui nikmat ini.

Dilansir dari media online Sinarsergai.com, bahwa Bang Wiwik sapaan akrab Bupati Sergai menatakan bahwa kuliner lontong sore ini pas di lidah.

“Lontong Sayur ini memang sangat enak. Bukan hanya itu, Lontong sayur ini rasa pedasnya bisa membuat lidah bergoyang. Kapan-kapan kita bisa mampir ke sini lagi lah,” kata orang nomor satu di Sergai ini.

Masih dikutip dari Sinarsergai.com, Amini (58) pedagang Lontong Sayur merasa bahagia atas kedatangan Bupati Sergai Darma Wijaya beserta rombongan. Ia pun sungguh tidak menyangka malam ini kedatangan tamu terhormat yang penampilannya cukup sederhana.

“ Alhamdulillah, begitu datang Bupati Sergai lontong habis karena banyak rombongan yang berdatangan dari Tanjung Beringin dan Sei Rampah,” ujarnya penuh semangat.

Aini bersama suaminya Zihad ,(62), sudah 7 tahun menekuni usaha kuliner di Tanjung Beringin. Awalnya cuma sebuah warung sederhana saja dan hingga kini menjadi besar seperti ini.

“ Untuk satu porsi lontong sayur dihargai Rp.7 ribu saja. Warung kami mulai buka dari sore hingga malamnya sekira pukul 21.30 Wib. Selain lontong ada menu lainnya, pembeli bisa menetukan sesuai selera. Ada tersedia jenis lauk ikan, nasi gurih , telur dan sate kerang dan jengkol,” terangnya.

Itulah tadi sobat KAMI Sergai, bagi warga Tanah Bertuah Negeri Beradat maupun warga lainnya, yang ingin merasakan kuliner yang enak kali, murah dan mengenyangkan bisa langsung datang ke sini ya. Pastinya harga terjangkau dan gak nguras kantong loh. (Berbagai sumber/KAMI Sergai).  

856 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *