Wabup Sergai Hadiri Rapat Paripurna Beragendakan Pembahasan Dua Ranperda

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti rapat paripurna dengan agenda Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022 dan Ranperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak. Kegiatan ini digelar di ruang rapat DPRD Sergai, Sei Rampah, Selasa (20/9/2022).

Pada rapat paripurna ini, Wabup Sergai berkesempatan memberi jawaban kepada seluruh fraksi yang sebelumnya sudah lebih dulu menyampaikan pandangan. Jawaban pertama disampaikan Adlin Tambunan kepada Fraksi PDI-P. Wabup menyampaikan terima kasih atas sambutan baik pandangan umum dari PDI-P atas Ranperda Kabupaten Sergai tentang P-APBD TA 2022 dan perlindungan perempuan dan anak. Atas saran praksi PDI-P tentang peningkatan potensi Pendapatan Asli Daerah, dirinya juga sangat sependapat dan akan terus bekerja dengan sangat serius untuk mencapai program Sergai yang Maju Terus; “Mandiri, Sejahtera, dan Religius”.

Kemudian Adlin Tambunan melanjutkan jawabannya kepada Fraksi Partai Golkar. Dirinya meyampaikan antara lain Pemkab Sergai khususnya Badan Pendapatan Daerah sedang melakukan pendataan ulang atas potensi pajak dan retribusi daerah. Hal ini, sebutnya, tidak terlepas dari tuntutan atas pelaksanaan penyusunan Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah sebagai tindak lanjut atas diterbitkannya UU No. 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Selanjutnya terhadap pandangan Fraksi Nasdem, Wakil Bupati menyampaikan Pemkab Sergai melalui Dinas Sosial setiap bulan melakukan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial. Dirinya juga menyampaikan beberapa poin penting lain terkait pupuk bersubsidi, peningkatan guru PAUD, TK, dan SD, serta pencapaian Sapta Dambaan.

Lalu kepada Fraksi PAN, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih dan sependapat agar pembahasan Ranperda dilakukan oleh gabungan komisi dengan harapan Ranperda ini nantinya dapat disahkan sebagai peraturan daerah untuk menjamin terlindunginya hak-hak perempuan dan anak di Sergai dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Giliran berikutnya, Wabup Adlin memberi jawaban terhadap pandangan Fraksi Hanura dengan menyampaikan jika peningkatan pelayanan publik terhadap kesehatan, pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial merupakan hal yang terus menjadi perhatian dirinya dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya.

Setelah itu, Adlin menyampaikan beberapa jawab kepada Fraksi PKB antara lain menerima masukan dari Fraksi PKB mengenai pembenahan sarana dan prasarana pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dan juga penambahan tenaga dokter di puskesmas. Ia juga menyebut akan memprioritaskan pengadaan lahan untuk pembuatan TPA dan juga akan mengintensifkan kegiatan fooging demi memberantas demam berdarah.

Kemudian kepada Fraksi Pembangunan Sejahtera, Wabup menyatakan sependapat dengan saran fraksi tersebut untuk melanjutkan pembahasan Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak melalui gabungan komisi.

Terakhir, jawaban yang diberikan kepada Fraksi Gerindra. Adlin Tambunan menyampaikan terkait dengan saran dan masukan Fraksi Gerindra kepada pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan di puskesmas, dan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil akan menjadi perhatian Pemkab Sergai dengan meningkatkan standar pelayanan minimal dan memperbaiki prosedur pelayanan yang mudah, cepat, murah dan ramah. Demikian juga dengan saran untuk pemberdayaan dan pemanfaatan aset daerah, dirinya menyebut Pemkab Sergai berupaya memanfaatkan aset tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Wabup berharap penjelasan ini akan bermanfaat bagi seluruh pihak dan selanjutnya Ranperda tersebut mendapat persetujuan untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sergai.

“Apabila ada saran, pendapat, pertanyaan serta masukan yang belum dapat dijelaskan, hal tersebut bukanlah disengaja, dan apabila masih perlu dijelaskan lebih lanjut akan kami sampaikan melalui rapat-rapat formal lainnya sebagaimana yang diatur dalam tata tertib DPRD Kabupaten Sergai,” tandasnya. (Media Center Sergai)

Teks/Editor : Ardi /Rini Ry

Reporter : Brojeps/Irfan YE

Admin : Julia

483 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *