Kader PKK Sebagai Ujung Tombak, Inisiator dan Suksesi Program Pemerintah

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK Kabupaten Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (5/10/2022).

Dalam sambutan Bupati Sergai yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan bahwa Pemkab Sergai sangat mendukung seluruh program PKK. Menurut Bupati, kader PKK adalah kader yang sangat tangguh, kreatif dan inovatif dalam membantu kesejahteraan keluarga. Oleh karenanya, diharapkan seluruh kader dapat menjadi ujung tombak, inisiator suksesi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan.

” saya mengapresisasi kegiatan PKK yang sudah dilakukan dengan bersinergi dengan OPD terkait seperti Pengembangan Desa Wisata Kampung Tahu di Desa Dolok Manampang, yang berhasil sebagai juara serta desa tangguh lainnya,” ungkap Bupati sembari berharap akan muncul desa lain yang dibina mengingat Sergai memiliki potensi wisata,” pungkasnya.

Dikesempatan serupa, Ketua TP PKK Sergai Ny.Hj. Rosmaida Darma Wijaya menyebut, sebagai mitra pemerintah daerah, TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mulai para kadernya dari tingkat kabupaten hingga ke desa hendaknya bekerja dengan baik dan ikhlas, untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius.

Lebih lanjut disampaikannya jika kemajuan suatu bangsa dimulai dari keluarga yang sejahtera. Karena alasan itu, Hj Rosamaida mengajak seluruh Kader PKK agar mampu meningkatkan peran serta di masyarakat sebagai motivator, komunikastor dan dinamisator pembangunan menuju keluarga yang sejahtera.

” agar seluruh kader dapat meningkatkan perannya dalam membantu meningkatkan pendapatan keluarga dengan menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan. Potensi perempuan sangat besar dalam memajukan perekonomian keluarga, dengan melakukan kegiatan produktif dimulai dari lingkungan sendiri,” terang Rosmaida sembari menyarankan untuk memanfaatkan pekarangn rumah dengan tanaman bernilai ekonomis, sayuran dan obat obatan.

Kemudian dijelaskan juga bahwa sejumlah kegiatan PKK yang sudah dilaksanakan kurun waktu terakhir termasuk membagikan bibit cabai dan menggelar pasar murah.

Menurutnya, aksi tersebut dapat dikembangkan dengan aksi-aksi lainnya yang berdampak langsung di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Sergai mengajak seluruh peserta rapat kerja untuk menuangkan seluruh ide kreatif dengan menyelaraskan dengan kegiatan di OPD kabupaten Sergai, mengingat lanjutnya, PKK sendiri tidak memiliki anggaran dengan harapan PKK dapat menyesuaikan dengan kegiatan OPD.

” ini tentu akan menunjukkan bahwa PKK dapat hadir di tengah masyarakat sekaligus mendukung visi misi Bupati Sergai untuk menjadikan Sergai Maju Terus,” tutupnya.

Hadir juga dalam kegiatan, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Ketua Pokja PKK, Kepala OPD, para Camat dan para seksi yang menjadi mitra langsung PKK.

Rapat kerja kemudian dilanjutkan dengan pemaparan 10 program PKK serta target raihan yang akan dicapai dalam kerja mendatang. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Jaini Purba

Admin : Julia

904 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *