Target Turunkan Stunting, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan Kader Posyandu

Sei Rampah,

Kader Posyandu merupakan perpanjangan tangan dari Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), karena mereka sebagai orang yang menyampaikan pesan-pesan dan mengedukasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati H Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP saat membuka Pelatihan Kader Posyandu di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (6/10/2022).

Sekda Faisal menyebut jika kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas para kader Posyandu guna menambah kemampuan para kader Posyandu untuk memantau perkembangan anak sekaligus berperan lebih aktif hingga menciptakan generasi muda yang produktif.

“ Kader Posyandu diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam melakukan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Selain itu dapat mengontrol agar anak-anak tidak mengalami stunting serta menyosialisasikan program pemerintah dalam pengentasan stunting,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj. Rosmaida Darma Wijaya mengemukakan bahwa kehadiran Posyandu merupakan langkah yang strategis dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Posyandu juga sebagai tempat untuk melakukan kontrol kehamilan pada ibu hamil guna menghindari kelahiran anak yang stUnting.

“ Kader Posyandu nantinya dapat memberi edukasi kepada masyarakat yang akan memeriksakan kehamilannya dan membawa anak balitanya ke Posyandu di desa masing-masing,” kata Rosmaida sembari menambahkan bahwa penanganan stunting menjadi program pemerintah yang sangat penting untuk menekan angka stunting.

Lebih lanjut disampaikan Ketua TP PKK bahwa Pemkab Sergai menargetkan penurunan stunting hingga tahun 2024 sebesar 14 persen. “ Awalnya kita berada di angka 36% dan saat ini sudah 20% kemudian ditahun 2024 mendatang target kita menjadi 14% dan kita harus menurunkan 6% lagi. Saya berharap kader Posyandu yang merupakan ujung tombak dalam menyampaikan pesan-pesan kepada para ibu dapat melaksanakan tugasnya setiap bulan secara rutin. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatan ibu hamil maupun anak-anak di Posyandu demi menurukan angka stunting,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada kader Posyandu agar bekerja dengan semangat untuk membantu pemerintah daerah dalam menurunkan stunting, pungkasnya sambil berharap semoga kegiatan hari ini dapat menambah wawasan bagi para kader Posyandu di Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam menjalankan program-program Posyandu hingga dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Pokja IV TP PKK Provsu, Deliana, Ketua Bidang II PKK Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, serta para kader Posyandu di Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reposter : Brojeps

Admin : Julia

 

 

756 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *