Gelar Audiensi, Bupati Sergai Silaturahmi dengan Sejumlah Kelompok Sektor Pendidikan

Sei Rampah,

 

Audiensi yang merupakan aktivitas rutin Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, pada hari ini, Selasa (1/11/2022), berlangsung menarik. Sejumlah kelompok masyarakat yang menemui Bupati di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, didominasi pihak yang bergerak di sektor pendidikan.

 

Pada kesempatan pertama, Bupati menerima audiensi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Tebing Tinggi Deli. Kepada para pengurus STAIS Tebing Tinggi Deli, Bupati Sergai menyampaikan jika di bawah kepemimpinan dirinya dan Waki Bupati H. Adlin Tambunan, pendidikan menjadi salah satu bidang yang mendapat perhatian penuh keduanya.

“Dalam program kami yang terangkum dalam SAPDA atau Sapta Dambaan, tercantum poin Sekolah Mantab atau Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas. Jadi setiap kegiatan yang berlandaskan pendidikan, akan mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Sergai,” tegas Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

 

Ia menyebut STAIS sebagai lembaga pendidikan yang berbasis agama juga mendukung perwujudan visi Sergai yang religius. Apalagi banyak putra-putri Sergai yang saat ini sedang menempuh pendidikan di sana.

 

“Saya berharap dengan banyaknya warga Sergai yang menuntut ilmu di STAIS, nantinya kemudian bisa mengimplementasikan pendidikan yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan agama yang baik merupakan salah satu pilar yang penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

 

Bupati Sergai melanjutkan, Pemkab Sergai juga aktif memberikan dukungan terhadap pendidikan lewat program beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikannya. Ia pun menyebut, siap membuka jalinan kerja sama sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Selanjutnya audiensi Bupati dilanjutkan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kabupaten Sergai. Di kesempatan ini, pihak STIT menyampaikan keinginan dan permohonan dukungan dari Pemkab Sergai dalam pelaksanaan wisuda yang rencananya dilaksanakan sekitar akhir November tahun ini.

Bang Wiwik merespons baik permintaan tersebut. Dirinya menyebut, akan memberi dukungan yang dibutuhkan, terutama dalam hal fasilitas tempat dan pendukung terlaksananya kegiatan wisuda yang akan diikuti 41 wisudawan/i tersebut.

“Kita punya Aula Sultan Serdang yang bisa menampung peserta wisuda. Namun tentu pihak STIT harus menyurati terlebih dahulu supaya tidak ada kendala administratif dan teknis nantinya. Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap STIT yang telah turut membangun SDM Sergai lewat pendidikan agama,” kata Bang Wiwik.

 

Kemudian Audiensi berlanjut dengan bincang-bincang bersama pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Sergai.

Di kesempatan ini Bupati menyampaikan beberapa hal, salah satunya apresiasi terhadap Para Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sergai yang telah menunjukkan dedikasi, perjuangan, dan kerja ikhlas dalam mendidik generasi muda.

 

“Saya berdoa dan beraharap agar para Guru PAUD kita tetap dalam keadaan sehat dan semangat dalam pengabdiannya. Anak-anak yang Bapak dan Ibu didik adalah calon generasi bangsa yang di masa depan akan menjadi pemimpin. Sehingga sejak dini, hal-hal penting seperti karakter, mental, dan kepribadian, penting untuk dipersiapkan,” katanya lagi.

 

Terakhir, audiensi Bupati ditutup dengan menerima kunjungan Lembaga Kegiatan Keagamaan (LKK) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai kembali menyampaikan jika salah satu visi yang ia usung di masa kepemimpinannya adalah mewujudkan Sergai yang religius.

 

“Untuk merealisasikan visi ini, kami telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Misalnya saja dengan menjalankan program Gerakan Amal Saleh (GAS) dan Gerakan Aksi Kasih (GAK) yang bertujuan memberi santunan atau insentif kepada para warga yang berprofesi di bidang kerohanian. Kami juga aktif menyambangi masjid-masjid di berbagai kecamatan lewat Safari Salat Jumat Dambaan. Dan sejumlah program lain yang berlandaskan semangat kereligiusan,” ujar Bupati.

 

Dukungan maksimal, sebutnya, juga akan diberikan bagi setiap kegiatan keagamaan maupun peringatan hari besar Islam. Untuk itu dirinya menyebut akan menyambut baik jalinan sinergi dan koordinasi dengan LKK PHBI jika memang diperlukan.

 

“Bersama-sama kita membangun Sergai yang tidak hanya Mandiri dan Sejahtera, namun juga Religius,” tandasnya.

 

Rangkaian audiensi ini juga diikuti oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah, S.Sos, Kabag Kerja Sama Torangto Situmorang, ST, M.Si, dan para pengurus masing-masing kelompok peserta audiensi. (Media Center Sergai).

808 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *