Manfaat Biji Mahoni bagi kesehatan

Tahukah kamu manfaat pohon dan biji mahoni? pohon mahoni adalah salah satu jenis pohon yang biasanya digunakan sebagai pelindung dan peneduh jalan. Pohon mahoni mempunyai tinggi rata-rata 25 m, beberapa pohon tingginya lebih dari 30 m, berakar tunggang, batang bulat, percabangan banyak, dan juga bergetah. Daunnya berupa daun majemuk, menyirip genap, helaian daun berbentuk bulat telur, ujung pangkal daun runcing, tepi daun rata, tulang menyirip dengan panjang daun 3-15 cm. Pohon mahoni akan berbunga setelah usia 7 atau 8 tahun. Buahnya berbentuk bulat telur berlekuk lima. Sewaktu masih muda, warnanya hijau dan setelah tua akan berwarna coklat.

Pohon mahoni juga mempunyai potensi serapan CO2 yang baik, selain pohonnya yang bisa dimanfaatkan sebagai peneduh jalan, buah atau biji mahoni juga bisa kita manfaatkan sebagai minuman herbal yang baik untuk kesehatan.

Untuk Wilayah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sendiri kita bisa temui pohon mahoni di sepanjang jalan lintas terutama di sepanjang jalan Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Perbaungan, dan Kecamatan Sei Rampah.

Sebagian besar warga Sergai mungkin sudah familiar dengan kayu mahoni alias mahogani. Kayu mahoni banyak digunakan sebagai furnitur rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu bahwa selain kayunya, biji mahoni juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari laman hellosehat.com, biji mahoni mengandung berbagai zat kimia yang sangat bermanfaat sebagai kesehatan. Ada tiga (3) kandungan utama yang terdapat pada biji mahoni yang memiliki andil yang besar bagi kesehatan, seperti: Flavonoid, Saponin, Alkaloid.

Dilansir dari laman jurnalisbengkulu.com, biji mahoni dikenal dimana-mana di setiap perbatasan jalan lintas, pohon-pohon mahoni tumbuh dan di gunakan sebagai peneduh jalan serta merupakan bagian dari makanan maupun minuman yang bervariasi dan sehat.ada juga yang menggiling biji mahoni menjadi bubuk dan meminumnya dengan air. Saat ini ekstrak biji mahoni ada dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan. Tetapi ada juga masyarakat yang mengkonsumsinya dengan merebus biji mahoni dan air rebusannya diminum sebagai minuman herbal.

Salah seorang warga Agus (29) Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Mengkudu yang mengkonsumsi minuman herbal biji mahoni. Setelah meminum minuman herbal ini badan terasa enak, terutama dalam mengontrol gula darah, kolestrol dan masalah sembelit, hanya saja untuk mendapatkan buah mahoni ini sangat sulit, karena pohon yang hanya tumbuh di pinggir jalan dan buahnya yang menjuntai tinggi, sehingga untuk mendapatkannya menunggu buah itu jatuh dari pohonnya, karena buah yang bisa dijadikan minuman herbal adalah buah yang sudah tua.

Ternyata masih banyak lagi loh sahabat Ini Sergai Loh (ISL) manfaat dari biji mahoni ini, yuk kita simak agar kita tau manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat biji mahoni yakni ; menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, penangkal serangga, mengatasi sembelit, nyeri haid, kurang nafsu makan, alergi kulit, mengurangi bau nafas, penyakit hati, impotensi, program kehamilan, malaria, asma, dan mengurangi kolesterol.

Sebelum mengonsumsi biji mahoni, minum 1-2 gelas air untuk membersihkan perut sehingga proses penyerapan akan lebih baik. Biji ini dapat dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan.

Untuk memelihara kesehatan tubuh: Konsumsi satu biji mahoni (ukuran kecil/sedang) atau satu kapsul biji mahoni setiap pagi dan malam hari. Untuk penyakit kronis: Konsumsi 2 biji mahoni (ukuran sedang) atau 2 kapsul biji mahoni setiap pagi, siang dan malam. Kamu bisa langsung menelannya atau menggigitnya hingga menjadi potongan kecil lalu telan dengan air. ketika kamu menggigitnya, biji mahoni memiliki rasa yang sangat pahit, namun hal itu dapat mempercepat penyerapan pada tubuh.

Jika ada yang mengalami penderita diabetes, maka buah mahoni sangat bermanfaat bagi kamu. Jika dikonsumsi setiap minggu biji mahoni ini, dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Ekstrak buah dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat di ambil untuk berbagai hasil yang positif. (Berbagai sumber/ISL).

90.844 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *