Layanan Prima Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Sergai

Lagi dan lagi Layanan Keliling (Yanling) Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai  (Sergai), memberikan pelayanan kependudukan di hari minggu loh. Seperti yang terlihat di hari Minggu (6/11/2022), pelayanan cepat Yanling tampak beroperasi di Pasar Rakyat Sei Rampah. Kegiatan ini tentu membawa pengaruh positif bagi penjual dan pembeli yag ada di Pasar Rakyat Sei Rampah.

Yanling Dukcapil Sergai sudah beroperasi sejak bulan September lalu di Pasar Rakyat Sei Rampah yang sekaligus memeriahkan program gerakan belanja bersama kebutuhan dapur dan harian di Pasar Rakyat (Grebek Dahsyat). Adanya program ini tentu mendapat respon positif dari masyarakat Sergai khususnya yang berada di sekitar Pasar Rakyat Sei Rampah. Hal terlihat dari masyarakat yang tampak hadir dari berbagai desa untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Mereka tampak sangat antusias, karena dalam kepengurusan dokumen ini tidak dipungut biaya alias gratis loh.

Tahu gak sobat Ini Sergai Loh (ISL), kalau Program Yanling ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat Sergai yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan, mulai dari rekam e-KTP, pembuat Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan surat keterangan kependudukan lainnya.

Perlu diajungi jempol untuk tim Disdukcapil niiihh,,,karena di hari libur dan diluar jam kerja mereka rela bekerja melayani masyarakat dengan sepenuh hati dalam kepengurusan kependudukan loh.

Salah satu warga Sergai yang berjualan di pasar rakyat sebut saja Lina (38), ia merasa senang karena berkat kegiatan rutin tiap minggunya baik itu dari segi hiburan atau kepengurusan dokumen kependudukan seperti ini, kondisi Pasar Rakyat jadi tampak selalu ramai dan calon pembeli akan tertarik berbelanja disini tentunya, jelas pada akhirnya pendapatan kami akan meningkat.

Dikutip dari akun facebook milik Twocar Ritonga, bahwa kegiatan program Cepat Yanling ini sangat membantu masyarakat Sergai yang memiliki kepentingan dalam kepengurusan kependudukan. Sambil berbelanja kebutuhan bahan pokok, warga Sergai bisa langsung datang ke stand yang telah disediakan tim Disdukcapil dan dengan cepat bisa langsung mengurus dokumen kependudukannya.

Tak sampai disini saja, Disdukcapil Sergai juga kerap melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP pemula yang di gelar di sekolah-sekolah, terutama bagi siswa-siswi yang telah beranjak usia 16 dan 17 tahun keatas. Kegiatan ininamanya Layanan Disdukcapil Goes To School. Yuk kita catat jadwalnya ya.

  1. 3 Nopember 2022 di Perguruan madrasah Al-Wasliyah Pematang Guntung
  2. 7 Nopember 2022 SMAN 1 Tebing Tinggi
  3. 8 Nopember 2022 di SMAN 1 Sei rampah.

Kegiatan serupa juga pernah digelar di SMK Teladan Sei Rampah, SMAN I Sei Rampah dan sekolah lainnya serta Yanling yang ada di Desa Karang Anyer dan Desa Lubuk Dendang Kecamatan perbaungan.

Selain program yanling, Disdukcapil Kabupaten Sergai juga punya pelayanan online juga yang diberi nama Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat (Bakso Urat). Lewat aplikasi layanan yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu, kini dapat dipersingkat melalui pemaksimalan Informasi Technology (IT), tentu akan memudahkan masyarakat tinggalnya jauh dari pusat pemerintahan. Untuk aplikasinya bisa diakses di website https://baksouratdukcapil.serdangbedagaikab.go.id/.

Penggunaan aplikasi dapat dilakukan di 5 kecamatan, untuk memudahkan masyarakat Sergai yang akan mengurus dokumen kependudukan. Adapun lima kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kecamatan Dolok Merawan, dan Kecamatan Serbajadi.

Yuk tunggu apa lagi, bagi kamu yang berada jauh di pusat pemerintahan bisa memanfaatkan layanan aplikasi bakso urat ini, selain menghemat waktu juga menghemat biaya perjalanan loh. Jangan ketinggalan informasi selanjutnya tentang layanan kependudukan dan yanling ya sobat ISL, pantau terus di laman https://disdukcapil.serdangbedagaikab.go.id/ maupun akun facebook Disdukcapil Kabupaten Serdang Bedagai. (Berbagai sumber/ISL).

651 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *