Mau Raih Untung Yang Menggiurkan? Yuk Ternak Kambing

Menjadikan hewan ternak sebagai pilihan menjalankan usaha tentu akan memberikan peluang untung yang besar bagi kamu yang menjalaninya dengan tekun. Di Kabupaten Serdang Bedagai sendiri banyak terdapat jenis hewan yang umumnya dikenal masyarakat untuk dijadikan ternak, seperti unggas, ikan, kambing, ataupun sapi. Nah sobat Ini Sergai Loh (ISL), kali ini kita akan mengulas sedikit tentang hewan ternak yaitu kambing atau domba yang bisa memberikan keuntungan yang lumayan menggiurkan loh.

Nah buat kamu yang masih baru pertama kali memelihara ternak kambing, bisa coba hal berikut ya sobat ISL. Jumlah ternak yang cocok untuk para pemula harus disesuaikan dengan besaran modal yang dimiliki. Bila modal besar, maka bisa menggunakan jumlah yang besar. Namun, memelihara ternak dalam jumlah yang besar untuk pertama kalinya dapat menyebabkan kamu kelabakan. Sebagai pemula kita bisa memulai dengan memelihara kambing dengan perbandingan 1 jantan dan 10 betina untuk tahap belajar. Penyakit menjadi rintangan yang bisa diminimalisir. Menjaga ternak selalu sehat menjadi salah satu langkah penting mencegah penyakit. Kunci keberhasilan menjaga kesehatan ternak adalah kebersihan kandang dan suplai pakan.

Dengan menggunakan cara ternak kambing yang baik dan benar maka sebuah usaha ternak kambing akan berjalan dengan lancar dan juga hasil panennya akan lebih maksimal. Kambing adalah salah satu binatang jenis mamalia berkaki empat yang keberadaannya sangat banyak kita jumpai di segala wilayah khususnya di pedesaan.

Saat ini memang ternak kambing menjadi hal yang biasa terutama yang tinggal di pedesaan, rata-rata para penduduk desa memang berprofesi sebagai petani dan peternak. Pada umumnya mereka akan memelihara kambing, sapi, ayam, dan binatang ternak lainnya. Namun, para masyarakat desa tidak sadar akan besarnya peluang ternak kambing di daerah kita, saat ini daging kambing sangat laris di pasaran karena seiring dengan semakin banyaknya  penduduk di Sergai dan juga memang dagingnya yang memiliki rasa khas untuk di sate atau olahan masakan lainnya.

Ternak kambing bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu untuk mencari penghasilan tambahan dengan prospek yang menguntungkan. Kambing termasuk ke dalam salah satu hewan ternak yang mudah untuk dirawat dan dapat memberikan potensi keuntungan yang tinggi, terutama menjelang hari raya seperti hari raya Idul Adha.

Ternak kambing dari sisi penggemukan badan, menilik dari akun youtober sahabat inspirasi TV, seorang peternak kambing bang Asep (43) Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Mengkudu yang memanfaatkan limbah pembuatan tempe dari hasil rebusan kacang kedelai sebagai pakan ternak kambingnya. Kita ketahui bahwa tempe memiliki manfaat yang sangat tinggi dan sangat populer dalam kehidupan sehari-hari, karena tempe sangat baik dalam memperbaiki metabolisme tubuh, melindungi kesehatan jantung, serta meningkatkan berat badan. Jadi, “saya manfaatkan air rebusan kacang kedelai dari pabrik tempe saya untuk diberikan ke kambing, karena manfaatnya yang mampu meningkatkan berat badan, dan hasilnya tentu sangat memuaskan, kambing saya mengalami peningkatan berat badan yang luar biasa ”, ungkap bang Asep.

Di tempat yang berbeda ada juga ternak kambing milik bang Kocong Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan yang telah berhasil menternak kambing hingga ratusan ekor. Mulai dari ukuran kandang, pakan, vitamin, serta kebersihan kandang harus tetap terjaga. Selain diberi makan rumput hijau atau dedaunan bang Kocong juga menambahkan makanan tambahan seperti ampas tahu, kulit ubi kayu. Dari pakan tambahan inilah bobot kambing tersebut meningkat.

Apalagi di daerah Desa Pegajahan banyak terdapat olahan pabrik opak ubi, sehingga memudahkan bang Kocong mendapatkan kulit ubi tersebut.

Nah tertarik untuk memelihara ternak kambing dengan cara bang Asep maupun bang Kocong yang bisa meraup keuntungan lumayan menggiurkan.. yuk kita coba dengan tutorial yang sudah ada di akun youtober Sahabat Inspirasi TV, semoga berhasil. (Berbagai sumber/ISL).

6.108 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *