Hari Kedua Bimtek, Pemkab Sergai Sajikan Materi Pengelolaan Media Sosial dan Website

Sei Rampah,
Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema “Penguatan Kompetensi Sumber Daya Komunikasi Publik” di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) masih berlanjutq, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (16/11/2022).
Bimtek hari kedua ini menghadirikan dua praktisi yang membawakan materi terkait pengelolaan konten media sosial dan website pemerintahan yang diikuti oleh para admin seluruh OPD.
Sesi pertama Bimtek ini menghadirkan Dr. Meirisa Anggia Siregar, S.Sos, M.Si yang merupakan Pranata Humas DPRD Provinsi Sumatera Utara sekaligus seorang Konsultan PR. Dirinya membawakan tema “Sosial Media Sebagai Medium Kehumasan”.
Dalam paparannya, Anggia menyampaikan pentingnya fungsi hubungan masyarakat (Humas) dalam membentuk dan mempertahankan citra, reputasi, komunikasi yang bagus dan bermanfaat, antara organisasi dan publik. Dengan kata lain, sebutnya, Humas adalah kunci kesuksesan atau kegagalan sebuah organisasi. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial dalam menunjang aktivitas kehumasan pemerintah.
“Media sosial memiliki banyak keunggulan dalam menunjang aktivitas humas. Keunggulan tersebut antara lain krativitas, efektivitas, menarik, praktis, dan yang tak kalah penting, integrasinya yang lebih mudah,” terangnya.
Ia juga menyampaikan beberapa strategi penting dalam pemanfaatan media sosial, misalnya saja dengan mendekatkan realitas kepada publik. Menurutnya, publik semakin tertarik dengan informasi yang dekat dengan realitasnya.
Namun ia memperingatkan para admin media sosial Pemkab Sergai agar menghindari beberapa hal, misalnya saja lambat memulai, tidak memiliki aturan, tidak memiliki strategi, bertubi-tubi, tidak siap diwawancara, tidak melakukan riset, mengabaikan media sosial, dan bertele-tele.
Kemudian pada sesi kedua, hadir Iin Solihin yang membawakan materi pengelolaan website pemerintahan. Pria yang merupakan Editor in Chief Tribun-medan.com menyampaikan beberapa syarat penting untuk meningkatkan kualitas website pemerintahan. Pertama, ia menekankan pentingnya desain visual menarik. Kemudian ia menyebut, situs tersebut mesti mobile friendly atau dirancang khusus untuk perangkat mobile seperti tablet, iPad, smartphone dengan menyesuaikan user interface seperti ukuran, bentuk, dan konten.
“Selain itu penting untuk memperhatikan penggunaan keyword atau kata kunci agar memudahkan user menemukan informasi atau referensi yang dicari. Perhatiakn juga judul dan foto sebagai ilustrasi. Utamakan foto dan berita dari sisi Human Interest Story (HIS). Episentrumnya adalah melaporkan segala sesuatu tentang manusia. Sebuah cerita human interest yang bagus harus menyangkut kepentingan manusian sehingga berpotensi cepat viral,” jelasnya panjang lebar.
Dalam closing statement-nya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyampaikan jika saat ini penggunaan sosial media sudah menjadi hal yang sangat strategis dalam membentuk opini publik. Menurutnya, kerja pembangunan daerah yang sudah direalisasikan dapat diketahui oleh masyarakat lewat publikasi dan diseminasi informasi yang tepat sasaran.
“Kalau masyarakat mengetahui jika pemerintah telah berbuat, maka dukungan dari masyarakat akan muncul. Maka dari itu, terutama kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sergai, agar aktif ikut memberikan support terhadap publikasi informasi pembangunan di sosial media,” ujar Kadis Kominfo.
Kegiatan kemudian diakhiri dengan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada perwakilan peserta. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Ardi/Rini Ry
Admin : Julia
717 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *