Di Acara Wisuda 70 Mahasiswa STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Wabup Sergai Ingatkan Jaga Baik Nama Almamater

Tebing Tinggi,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri acara wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi ke-17, yang dilaksanakan Hotel Malibou Tebing Tinggi, Senin, (21/11/2022).

Membuka sambutannya, Wabup Sergai menyampaikan terima kasih atas undangan yang disampaikan untuk menghadiri acara wisuda hari ini. Ia meyakini tidak sedikit dari mahasiswa STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi ini merupakan putra-putri dari Kabupaten Sergai.

Tak lupa, Adlin Tambunan mengucapkan selamat kepada segenap wisudawan/i yang telah berhasil menempuh proses pembelajaran dengan baik sehingga berhak menyandang gelar kesarjanaan sesuai program studi masing-masing. Semoga kesuksesan ini, harapnya, dapat memberi semangat dan motivasi baru untuk segera mengaplikasikan ilmu seraya mengabdikan diri kepada agama, masyarakat, bangsa dan negara.

Wabup kemudian menyebut, tidak dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja dan berkarya. Meski bukan yang paling utama, menurutnya keterampilan komputer yang memadai, penguasaan bahasa asing yang baik, maupun keterampilan komunikasi yang handal merupakan keunggulan-keunggulan yang saat ini dibutuhkan di dunia kerja maupun dunia usaha.

“Dengan melihat kenyataan tersebut, ijazah dan pengetahuan teoretis yang didapat di masa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah. Akan tetapi saya yakin bahwa wisudawan/i STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi kali ini telah memiliki suatu keunggulan yang dapat dibanggakan,” ucapnya memberi semangat.

Ia menambahkan, wisudawan/i harus mampu bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja maupun berwirausaha sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru di tengah pesatnya kemajuan daerah baik Sergai maupun Kota Tebing Tinggi.

“Pesan saya kepada para wisudawan/i sekalian bahwa keberhasilan saudara hari ini tidak terlepas dari ikhtiar dan do’a kedua orang tua. Oleh sebab itu agar ilmu yang saudara peroleh dapat bermanfaat dan dapat menggapai apa yang saudara cita-citakan, senantiasalah berbakti kepada orang tua dan dalam setiap langkah serta usaha yang saudara akan lakukan tetaplah meminta doa dan restu dari kedua orang tua kita. Insya Allah, Allah SWT akan memudahkan segala urusan kita,” doanya.

Terkait dengan acara ini, Wabup menyampaikan secara lahiriah acara wisuda merupakan awal dari perpisahan segenap wisudawan/i dan akan semakin berjarak meskipun kemajuan teknologi telah mempermudah dalam berkomunikasi.

Namun demikian, ia mengingatkan agar seluruhnya tetap menjalin hubungan baik sekaligus menjaga nama baik almamater. Baginya, keluarga besar akan mampu menjadi suatu kekuatan yang handal jika dilandasi dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada segenap wisudawan/i yang telah berhasil menjalani dan menyelesaikan studi di STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi. Pemeritah dan masyarakat Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Sergai menanti kontribusi dan pengabdian saudara sekalian, khususnya putra-putri Sergai untuk bersama-sama mewujudkan Sergai Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

 

Di kesempatan serupa, Ketua Senat Zainuddin Siregar, MM, berpesan kepada wisudawan/i agar pendidikan yang diterima dapat menguatkan wawasan dan nilai-nilai agama budaya

“Kalian dituntut memberikan respons dan jawaban atas permasalahan yang ada di masyarakat. Kami berharap kalian dapat mengayomi dan memberikan warna dalam kehidupan pasca wisuda. Semoga ilmu pengetahuan yang didapat di sekolah dapat diabdikan kepada bangsa dan negara,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Tenaga Ahli Kementerian Agama Hasan Bakri Sagala. Ia berharap semoga ilmu yang dirahi dapat bermanfaat untuk diri dan masyarakat.

Ia pun mengingatkan, di zaman kecanggihan teknologi ini, tiap orang harus mampu berlaku bijak dalam mengonsumsi informasi yang berseliweran.

“Saya berharap kepada alumni agar dapat merawat keberagaman, terkhusus di Kota Tebing Tinggi. Mari membangun dan menyemangati masyarakat untuk mencintai tanah air, karena itu adalah sebagian dari ibadah,” tuturnya.

Sementara itu Ketua STIT Al-Hikmah Ficki Padli Pardede M.A melaporkan mahasiswa/i yang diwisuda pada hari ini berasal dari prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

“Yang diwisuda pada hari ini lebih kurang 70 orang, yang berasal angkatan 2018. Selain itu, alhamdulillah setiap tahun ada peningkatan jumlah mahasiswa. Tahun ini mahasiswa baru di STIT Al-Hikmah berjumlah 280 orang. Kami memiliki niat untuk meningkatkan SDM, terutama yang ada di Tebing Tinggi dan Sergai,” terang Ficki. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Vivi

636 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *