Antisipasi Dampak Inflasi, Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah Bagi Buruh dan Pekerja

Pantai Cermin,
Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 serta mengantisipasi dampak inflasi,
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan pasar murah bagi para buruh dan pekerja.
Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya menjelaskan jika pelaksanaan pasar murah ini dilakukan untuk menekan harga bahan pokok dipasaran yang biasanya mengalami peningkatan menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN). Oleh karenanya, saat ini kita siapkan 1.500 paket sembako untuk para pekerja di Kabupaten Sergai,” kata Bupati Sergai H Darma Wijaya saat membuka pasar murah di halaman PT Aquafarm Nusantara, Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (25/11/2022).
Ia menyebut keberadaan pasar murah ini diharapkan mampu menyetabilkan harga serta memastikan ketersediaan bahan sembako aman di pasaran, kata Bupati didampingi Wabup Sergai Adlin Tambunan.
Lebih lanjut disampaikannya, jika pada kegiatan pasar murah ini pemerintah juga memberikan diskon hingga 30 persen dari setiap harga sembako.
” Jika harga beras di pasaran Rp. 11.500/kg, disini kita diskon menjadi Rp. 8.000/kg. Begitu juga telur dari Rp. 1.650/butir, kita diskon menjadi Rp. 1.250/butir. Untuk gula pasir dan minyak goreng dari harga Rp. 14.000/kg kita diskon menjadi masing-masing Rp. 10.000/kg, “jelasnya.
Selain diskon dari pemerintah di pasar murah ini, lanjutnya lagi, juga diberikan diskon Rp. 10.000 bagi setiap pembelian menggunakan uang elektronik QRIS.
“Kita beri diskon 30 persen, ditambah lagi diskon dari Bank Indonesia (BI) Rp. 10.000. Sudah sangat murah ini. Kami tentu akan terus berupaya hadir di tengah masyarakat maupun buruh dan pekerja. Karena kami memahami betul kehidupan seorang pekerja khususnya buruh,” kata Bupati sembari menceritakan kisah hidupnya yang memiliki ayah seorang buruh.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengharapkan para buruh khususnya yang bekerja di bawah naungan PT Aquafarm Nusantara untuk dapat mengembangkan kualitas SDM. Selain itu perusahaan memberikan kesempatan pada pekerja  untuk berwirausaha.
“Para pekerja bisa melakukan misalnya beternak sapi, kambing, ayam, itik, ikan dan lain-lain. Kita harus berinovasi, bekerja keras. Seperti visi misi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius. Ini bisa diwujudkan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan perusahaan dalam mengembangkan SDM nya,” pungkas Bupati.
Senada dengan Bupati, Wabup Adlin Tambunan menambahkan jika perkembangan tekhnologi membuat kita juga harus mengikutinya. Salah satu contohnya, ujarnya lagi, terkait tentang pengembangan sistem pembayaran yang dulunya sistem konvensional kini mulai berubah ke digitalisasi.
“Dengan pembayaran non tunai, transaksi akan lebih aman, nyaman dan cepat. Selain itu banyak diskon dan kemudahan yang diberikan melalui transaksi non tunai ini,” beber Wabup Adlin.
Sementara itu, Ketua Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu se-Kabupaten Sergai, Agan Surya Tanjung mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkab Sergai atas  kegiatan hari ini.
” Atas nama seluruh pekerja, saya ucapkan terimakasih terhadap perhatian ysng diberikan oleh Bupati dan Wabup Sergai. Kami juga sampaikan apresiasi atas respon cepat dari Pemkab Sergai terkait permintaan digelarnya pasar murah. Kami minta 1.000 paket dan yang disiapkan 1.500 paket. Luar biasa sejali,” katanya dengan semangat.
Sedangkan Deputi Direktur Kepala Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara,  Nasrullah mengatakan, Bank Indonesia memiliki tugas otoritas moneter dan sistem pembayaran di Indonesia. Selain itu pihaknya juga konsen mengendalikan inflasi.
“Jadi segala upaya yang menekan inflasi kami dukung. Kami juga fokus menyosialisasikan digitalisasi sistem pembayaran. Kita upayakan pembayaran tidak lagi konvensional, namun sudah digital kedepannya,” jelasnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sergai, Roy CP Pane mengatakan jika  tujuan pasar murah ini mengantisipasi dampak inflasi khsusunya dalam memenuhi kebutuhan pokok para pekerja dan buruh.
“Tujuannya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok mulai dari beras, gula, minyak dan telur. Sebelumnya disperindag juga melaksanakan pasar murah bagi 2.000 pelaku IKM binaan Disperindag,” ungkapnya.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur Prosessing Plant PT Aquafarm Nusantara Sri Rusianawati, Direktur Coorporate Affair Andrew, Asisten Ekbang Setdakab Sergai Drs. Nasrul Azis Siregar, Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Drs Fajar Simbolon, Kadis Perikanan dan Kelautan, Dr. Claudia Evinta, Kabag Perekonomian, Camat Pantai Cermin serta sejumlah tamu undangan lainnya. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Rini Ry
Reporter : Tim Media Protkompim
Admin : Vivi
736 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *