Pemkab Sergai-BPS Kolaborasi Laksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Sei Rampah,

 

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai menyelenggarakan Pelatihan Tim Penilai Internal Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kabupaten Sergai Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (25/11/2022).

 

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Nasrul Azis Siregar menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, mengamanatkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina statistik sektoral dan pembina data statistik. Untuk itu BPS memandang perlu adanya Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Nasrul Azis menjelaskan, tujuan EPSS ada 3, yaitu mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah; meningkatkan kualitas penyelenggaran statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintahan daerah; dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

 

Ia melanjutkan, hasil pengukuran EPSS bermanfaat antara lain untuk memberikan informasi tentang kinerja penyelenggaraan statistik sektoral; menjadi dasar pembinaan statistik sektoral khususnya penetapan prioritas dan target pembinaan; meningkatkan pembangunan statistik; terwujudnya statistik berkualitas dari segi penyelenggaraan dan produk.

 

“Dalam rangka penyempurnaan tatakelola EPSS, BPS akan melaksanakan ujicoba EPSS pada bulan November 2022. Ujicoba ini meliputi instansi pusat dan pemerintahan daerah. Selanjutnya implementasi EPSS akan dilaksanakan mulai tahun 2023,” jelasnya.

 

Dijelaskan olehnya, penilaian dalam kegiatan Ujicoba EPSS dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) yang dibentuk oleh masing-masing instansi dan Tim Penilai Badan (TPB) dari BPS. Tahapan EPSS terdiri dari Penilaian Mandiri, Penilaian Dokumen, Penilaian Interviu, dan Penilaian Visitasi.

 

Di kesempatan yang sama Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, menegaskan keberhasilan dan lancarnya Uji coba EPSS membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari Pemkab Sergai, oleh karena itu pihak BPS meminta bantuan untuk mendukung pelaksanaan EPSS dengan Membentuk dan menetapkan Tim Penilai Internal (TPI). TPI ini nantinya melaksanakan kegiatan Penilaian Mandiri dengan mengisi Lembar Kerja Evaluasi (LKE). Selain itu BPS juga meminta bantuan Pemkab Sergai untuk mengimbau seluruh jajaran di wilayahnya untuk membantu pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

 

“Pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung lewat koordinasi antara Pemkab Sergai dan BPS,” sebutnya.

 

Kegiatan ini diikuti antara lain oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Ir. Prihatinah, M.Si, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, perwakilan OPD terkait dan jajaran BPS Sergai. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin: Chan

571 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *