HUT Ke-51, KORPRI Garda Terdepan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Selasa (29/11/2022) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51 di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Membacakan sambutan Dewan Pengurus KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika KORPRI bisa melakukan refleksi atas capaian dan kiprahnya selama ini, dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian, KORPRI juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

“ Nilai-nilai Pancasila tersebut merupakan nilai dasar bagi setiap ASN yang harus dipegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama yakni ‘BerAKHLAK’. Nilai-nilai ASN ‘BerAKHLAK’ memiliki makna filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi SDM aparatur. BerAKHLAK juga merupakan panduan perilaku bagi KORPRI dan ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, yang diterjemahkan bahwa nilai-nilai yang mendasari kerja ASN yang memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan,” cetus Bupati Darma Wijaya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa melalui tema HUT KORPRI yakni “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”, pada dasarnya KORPRI memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Oleh karenanya, Organisasi KORPRI merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia, dalam rangka meningkatkan perjuangan, pengabdian, serta kesetiaan kepada Pancasila, terangnya.

Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati Darma Wijaya mengutarakan jika KORPRI harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat “hendaknya bekerja dengan Ikhlas dan Tuntas, Berintegritas dan Profesionalitas, mampu melahirkan inovasi-inovasi baru bagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya sehingga masyarakat merasa terlindungi, terayomi, dan merasa hidup dalam kebersamaan, merasa tidak terasingkan atau terpinggirkan, sehingga keberadaan KORPRI dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Dewan Pengurus KORPRI Nasional menyampaikan beberapa pesan dan harapan; pertama, perkuat soliditas dan solidaritas korps dan perkuat kerja sama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan pegang teguh core values Aparatur Sipil Negara, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Kedua, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah mindset, cara pikir, dan cara bekerja, dan terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Selanjutnya yang ketiga, ciptakan birokrasi yang transparan dan akuntabel serta bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme. Keempat, antisipasi dini terhadap berita hoax, fitnah, politik identitas, polarisasi, dan potensi konflik menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Terakhir perkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, penjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan Bhinneka Tunggal Ika, menjalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan, ungkapnya.

“ Saya ucapkan selamat HUT ke-51 KORPRI, semoga semakin sukses, maju, dan junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi,” pungkas Bupati Sergai di hadapan yang hadir diantaranya Dandim 0204/DSKepala BNNK Sergai, Kakan Kemenag Sergai, Kepala BPJS Kesehatan Sergai, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah, Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Kapolsek Firduas, Staf Ahli Bupati, Para Asisiten, Kepala OPD, Camat serta ASN Pemkab Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

435 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *