Ragam Olahan Makanan yang Cocok Dimusim Penghujan

Dilansir dari laman antaranews.com jika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan di Sebagian wilayah Indonesia terjadi pada bulan Desember tahun 2022 hingga Januari 2023.

Dari total 699 ZOM (zona musim) di Indonesia, sebanyak 175 ZOM (25,03 persen) akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2022, meliputi sebagian Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sedangkan sebanyak 128 ZOM (18,31 persen), akan memasuki musim hujan pada bulan November 2022, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Saat ini, terdapat 60 ZOM (8,6 persen) yang sudah mengalami musim hujan meliputi Riau bagian selatan, sebagian Sumatera Selatan, Bengkulu bagian selatan, Jawa Barat bagian selatan. Kemudian, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara bagian utara, sebagian Maluku dan sebagian Papua Barat.

Selain itu, terdapat sebanyak 113 ZOM yang mengalami periode musim hujan sepanjang tahun,” paparnya.

Sementara itu, prediksi curah hujan untuk periode 8-9 Oktober 2022, yakni untuk wilayah Sumatera secara umum cerah berawan hingga hujan ringan, namun sebagian Sumatera Utara, Kep. Babel, Bengkulu, dan Lampung berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang serta Aceh berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat. Untuk wilayah Jawa secara umum cerah berawan hingga hujan ringan, namun sebagian Banten, dan DKI Jakarta berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang, serta sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat

Saat musim penghujan seperti saat ini, terkadang memang membuat perut sering memberontak ingin melahap beragam makanan. Karena cuaca yang dingin pastinya tubuh sangat membutuhkan kehangatan dengan menyantap makanan panas saat musim penghujan.

Nah, lewat artikel ini, Komunitas Ini Sergai Loh (ISL) merekomendasikan beberapa makanan yang bisa disantap dan menghangatkan badan saat musim penghujan, diataranya;

  1. Teh Jahe

Minuman hangat memang sangat tepat jika dikonsumsi saat musim hujan. Terlebih minuman yang mengandung jahe, karena dapat menghangatkan badan. Sobat ISL bisa membuat ramuan minuman jahe yang menghangatkan dan tentunya enak. Salah satunya adalah teh jahe maupun wedang jahe yang merupakan perpaduan antara the, gula merah, jahe bisa ditambah sereh ataupun madu.

  1. Bakso Kuah/Mie Instan

Hidangan yang satu ini sudah tidak asing dimasyarakat dan banyak digemari. Disajikan saat panas dengan perpaduan kuah dan saus pedas. Bakso dan Mie instan cenderung menjadi pilihan saat musim hujan karena bisa menghangatkan tubuh. Bahkan keduanya bisa dicampur. Apalagi jika ditambah dengan sayuran dan cabai rawit.

  1. Soto

Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Kenapa harus dicampu jahe, sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.

  1. Olahan Daging

Berbagai macam daging dapat menjadi sumber kehangatan dan mengenyangkan perut sekaligus. Selain itu, jenis daging ini bisa menangkal penyakit flu serta demam yang menyerangmu ketika musim hujan. Salah satu menu daging yang menghangatkan antara lain; sup daging, rica-rica daging dan lainnya.

  1. Olahan Kentang

Makan kentang bisa menjadi alternatif menu karbohidrat di musim hujan. Kentang sendiri memiliki kandungan tinggi pada vitamin dan protein yang merupakan kombinasi sempurna untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Itulah beberapa makanan yang dapat dapat menghangatkan badan dan dikonsumsi saat musim hujan. Sobat ISL, yuk selamat mencoba (Berbagai sumber/ISL).

927 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *