Hujan-hujanan di Air Terjun Simarudan-udan

Setelah sebelumnya Ini Sergai Loh memberikan informasi tentang Pemandian Huta Bayu yang ada di Desa Bartong. Kini kami akan informasikan lagi jika tidak hanya sungai yang menjadi objek wisata pemandian, bergeser sedikit lebih ke dalam, Desa Bartong juga punya “mutiara terpendam” lain yang berbentuk air terjun. Orang-orang menyebutnya dengan “Si Marudan-udan”, air terjun ini terletak Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai, namun kebalikan dengan Pemandian Huta Bayu, karena akses menuju lokasi wisata merupakan wilayah Kabupaten Simalungun.

Air terjun Simarudan-udan pemandian alam dan asri ini merupakan destinasi di balik belantara. Lokasi wisata ini menawarkan keindahan yang disukai oleh pengunjung karena pemandangan alamnya yang sangat indah dengan hutan tropis yang menyegarkan mata.

Untuk menuju si Marudan-udan, jalur yang dilalui adalah perkebunan kelapa sawit, cukup sulit jika di musim penghujan karena genangan lumpur yang agak menghambat laju kendaraan. Namun sesampainya di lokasi, lelah yang dirasa untuk sampai ke tujuan tuntas sudah. Pemandangan yang menyeruak ke mata dari jernihnya air dan hijaunya pemandangan saja sudah cukup meluntur lelah. Bagi banyak orang, tentu tak sabar ingin mengabadikan keindahan yang tampak lewat jepretan kamera lalu dibagikan di sosial media.

Sekadar berkunjung dan menikmati yang terlihat tentu tak cukup. Ganti pakaian, jangan takut nyeebur ke dalam. Dingin di awal saja, segar menyusul perlahan.

Ingin tahu alasan kenapa dinamai Simarudan-udan (Berhujan-hujan)? Coba seberangi sungainya. Arus air memang cukup deras, agak sulit menyeimbangkan diri jika ingin menyeberang. Tapi tak apa, pelan-pelan saja. Jika sudah sampai di sisi lain, silakan berdiri di salah satu dari tiga mata air terjun. Rasakan sensasi mandi hujan. Air yang terjun tidak terlalu keras mengguyur, malah kita langsung mudah menikmati.

Informasi dari masyarakat sekitar, disebut sebagai air terjun simarudan-udan dikarenakan debit air terjun yang jatuh kebawah seperti air hujan. Sedangkan suasana dan lokasinya sangat alamai, udara yang sejuk serta keindahan air terjun yang ditawarkan sangat cocok untuk melepas penat dan bersantai-santai.

Serupa dengan pemandian Huta Bayu, air terjun Simarudan-udan juga masih perlu mendapat perhatian lebih dari pihak-pihak terkait. Tak cukup sekadar keindahan yang menjadi jualan utama, sarana fasilitas yang menjamin kenyamanan bagi pengunjung wajib dikelola serius. Jika hal tersebut dipenuhi, tak perlu menunggu lama sampai “mutiara yang terpendam“ mulai dikenal dan dihargai lebih, ungkap Ardi salah satu pengunjung dari Kota Tanjung Morawa.

Dari kesejukan udara yang ada di kawasan wisata air terjun ini membuat anda pun bisa melakukan kegiatan bersantai dan rileksasi dengan optimal.

Sepertinya belum sah berwisata ke air terjun  jika hanya merendam kaki saja. Harus ada acara mandi-mandi dan berbasah-basahan. Pokoknya mandi di Air Terjun Simarudan-udan ini cocoklah digunakan untuk bermain air karena airnya benar-benar jernih, sejuk dan segar.

Air terjun ini juga tergolong berbeda dengan tempat lain, karena tempat ini memiliki sungai kecil yang tidak deras dan airnya sangat jernih yang menambah kesempurnaannya, dan membuat kita merasa nyaman untuk beranang dan berendam di tempat ini.

Nah…untuk kamu yang ingin menikmati liburan saat cuaca sedang panas, sumpek, pergi dan kunjungilah Air Terjun ini sekaligus mampir ke Pemandian Huta Bayu juga ya…ini bisa menjadi opsi yang tepat mengatasi rasa penatmu. Pokoknya ini akan menjadi destinasi wisata keluarga yang mengasyikkan dan menyegarkan. (Berbagai sumber/ISL)

2.167 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *