Pulau Berhala “ Berlian” Terpendam Di Tanah Bertuah

Seperti sebuah ungkapan ‘Berlian” yang terpendam di dasar lautan. Begitulah keindahan objek wisata Pulau Berhala. Sebuah pulau kecil yang terletak tak jauh dari Selat Malaka Sumatera dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Melihat kondisi Pulau Berhala yang memiliki luas ± 14,75 ha dan masih alami serta sejuk dengan dikelilingi hamparan hijau dedaunan pohon yang tumbuh membentang serta berbagai jenis ikan berwarna-warni sehingga membuat pengunjungnya ingin kembali lagi menjejakkan kaki di pulau ini. Pulau Berhala  akan disasar sebagai objek pariwisata berlabel Eco Marine Tourism.

Terdapat dua pulau kecil dikedua sisi ujungnya. Pulau Sokong Nenek yang luasnya tak lebih dari 0,5 hektar di arah tenggara dan Pulau Sokong Siembang di Barat. Pulau Sokong Nenek bisa ditempuh berjalan kaki melintasi pasir putih saat pantai surut. Sedangkan Sokong Siembah hanya bisa dicapai dengan menumpang boat.

Pantainya yang bersih dan indah, jika menyelam dikedalaman 4-25 meter tentu akan dapat melihat berbagai jenis karang keras maupun lunak serta terdapat warna warni ikan penghuni laut tersebut.

Hal yang lebih menakjubkan lagi, di Pulau Berhala ini terdapat penangkaran penyu. Umumnya terdapat para penyu bertelur yang bisa diabadikan ketika penyu menggali sarang dan bertelur.

Selain pantai yang indah, pemandangan yang hijau nan sejuk serta adanya penangkaran penyu. yang punya hobi memancing, Di Pulau Berhala juga bisa melakukan kegiatan memancing. Kegiatan ini merupakan yang digemari oleh banyak wisatawan.

Bagi anda yang ingin berkunjung untuk memancing tentu Pulau Berhala bisa menjadi salah satu destinasinya. Terdapat banyak variasi ikan yang bisa ditemui seperti ikan cakalang, kakap dan kerapu dan yang lainnya.

Bagi para wisatawan yang ingin melihat sesuatu lebih menantang juga bisa mendaki ke puncak pulau yang memang tampak seperti sebuah bukit. Pada puncaknya terdapat sebuah mercusuar dengan sekitar 700 anak tangga jika dihitung dari pos penjaga TNI AL. Atau bisa juga mencoba trekking dari dua rute alternatif yang ada dari bibir pantai.

Masyarakat Sergai terutama masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin, nama Pulau Berhala ini sudah tidak asing lagi, apalagi bagi masyarakat pecinta alam, tentu objek wisata yang masih alami ini akan menjadi destination terfavorit.

Mengutip informasi dari Media Center Serdang Bedagai jika Pulau Berhala telah tersertifikasi yang artinya telah menjadi milik Pemkab Sergai. “ Sertifikat Pulau Berhala sangat berperan penting untuk mengoptimalkan pengelolaan Pulau Berhala sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sergai,” demikian ungkapan Kepala BPN Sergai Joko Sutari saat peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) pada 24 September 2021 lalu.

Saat ini Pemkab Sergai sedang giat-giatnya meningkatkan sektor pariwisata yang juga tertuang dalam Sapta Dambaan (SAPDA) yaitu wisata maju terus. Dengan mengusung visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius Kabupaten Sergai terus berbenah dengan meningkatkan dan memperbaiki sarana dan prasarana seperti pembangunan infrastruktur jalan.

Jika dilihat, sudah banyak infrastruktur jalan yang ada di beberapa wilayah Sergai banyak sudah di aspal, khususnya menuju lokasi wisata. Dari Kota Medan hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sampai di Sergai. Tentu kita yakin, jika jalan mulus, ekonomi akan bagus. Jika wisata maju akan meningatkan Pendapatan Asli daerah (PAD) yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Berbagai sumber/ISL)

4.565 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *