Kabupaten Sergai Akan Jadi Lokasi Kemah Wisata  Menulis dan Youtuber Nusantara

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Tertetak tak jauh dari pusat ibu kota. Tidak hanya kuliner atau jajanan, Sergai juga terkenal dengan objek wisatanya. Berbagai destinasi tersaji dan bisa kita nikmati di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Beragamnya objek wisata yang ada di kabupaten ini, menjadikan kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten induk Deli Serdang sebagai tujuan bagi para pelancong. Berbagai pilihan pantai yang indah, Pulau Berhala, Air Terjun, Arum Jeram, perbukitan yang hijau, tempat-tempat wisata seperti tempat pemandian, dan masih banyak lagi, dan ini semua bisa didapatkan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Pantai adalah pilihan wisata yang paling populer di Sergai. Di Sergai sendiri ada beberapa tempat wisata pantai dengan akses yang juga sangat baik dan mudah kita jangkau. Inilah yang membuat para pengunjung sering berwisata ke pantai, terutama pada hari libur

Selain pantai, Pulau Berhala juga tak kalah menarik. Pulau Berhala ini berada di wilayah administratif Kecamatan Tanjung Beringin. Pulau Berhala berada di selat yang memisahkan Pulau Sumatera dengan Semenanjung Malaysia. Pulau Berhala ini pulau yang sangat terkenal loh, tidak hanya di dalam negeri saja, namun hingga ke mancanegara. Pulau Berhala sendiri menawarkan keindahaan yang lengkap, mulai dari hutan bakau yang eksotis, batuan vulkanik dengan bentuk yang unik, pantai berpasir putih, hingga panorama laut yang memukau.

Dan yang menarik lainnya adalah Air Terjun Sempuran Widuri yang juga jadi potensi wisata menarik di bumi Sergai. Objek wisata ini letaknya tepat berada di Jalan Bangun Rejo, Desa Dolok Merawan. Selain air terjun, ada juga Ancol Arung Jeram. Ancol Arung Jeram adalah objek wisata yang sangat menantang karena menguji keberanian dan kekompakkan tim jika pengunjung tertarik ber-rafting ria. Arung Jeram ini terletak di Jalan Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan.

Kemudian terdapat objek wisata yang sudah diakui dan menjadi terfavorit di Indonesia yaitu arung jeram yang letaknya di Sungai Bah Bolon Kecamatan Sipispis. Bagi para pecinta alam yang suka dengan tantangan dan menguji keberanian ini adalah salah satu yang bisa kita kunjungi.

Tak salah jika Kabupaten Sergai menjadi tujuan wisatawan yang selalu ramai dikunjungi, baik para pelancong yang berdomisili di Sergai itu sendiri, maupun yang berasal dari daerah-daerah lain. Tujuannya sama, yaitu yang ingin mencari kesenangan dan hiburan setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari.

Dilansir dari media online Agiodeli.id, Kabupaten Sergai akan menjadi lokasi Kemah Wisata Menulis dan Youtuber Nusantara serta Youtuber Cilik Cinta Tanah Air.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan life skill anak dalam menulis dan menghasilkan konten-konten kreatif sejak dini. Hal ini karena wisata menulis merupakan sarana yang dapat mewadahi bakat, minat serta mengasah potensi anak.

Dalam kegiatan tersebut, nantinya para peserta akan berkreasi disejumlah objek wisata yang lagi naik daun di Kabupaten Sergai yaitu objek wisata arung jeram Kecamatan Sipispis.

“ Kegiatan tersebut merupakan persembahan Pena Writing School, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai. Rencananya akan di helat mulai tanggal 7-9 Januari 2023 mendatang,” kata Pimpinan Pena Writing School Ahmad Bahar, Minggu (18/12/2022).

Sedangkan yang menjadi lokasi giat adalah di lapangan Desa Wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis. Selain akan berkreasi mengeksplorasi objek wisata arung jeram, para peserta juga akan menjadikan tempat-tempat bersejarah di Sergai, perkebunan/persawahan, Kantor Bupati, Polres dan DPRD Sergai sebagai objek belajar untuk menghasilkan karya tulis dan konten-konten kreatif,” beber Ahmad Bahar.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini menyasar peserta pelajar mulai SD, SMP serta SMA sederajat, baik yang berasal dari Kabupaten Sergai maupun dari kabupaten/kota lainnnya di Indonesia. Mereka akan berkemah, bermain, berwisata sekaligus belajar, ungkap Ahmad Bahar sembari menambahkan jika materi pendidikan dalam bidang menulis, di antaranya mengenal dunia penulis dan wartawan cilik, belajar wawancara dengan para tokoh, belajar membuat berita dan menulis buku.

Untuk bidang konten kratif, para peserta akan mendapatkan pendidikan dasar menjadi konten kreator, menemukan ide, menghasilkan konten unik dan menarik serta dimotivasi menjadi Youtuber yang mampu diperhitungkan, jelasnya.

“ Rencananya, dalam kegiatan ini akan digelar praktik wawancara dengan sejumlah narasumber berkaliber nasional. Narasumber tersebut diantaranya merupakan para pejabat negara, kepala daerah maupun lainnya.

Nah…tunggu apalagi, bagi adik-adik yang berminat bisa mengunjungi laman media sosial Twitter @kemahwisata, Instagram @kemahwisata menulis, Facebook kemahwisatamenulis, email kemahwisatamenulis@gmail.com, Tiktok kemahwisata123 atau dapat menghubungi nomor kontak 082163185396 dan 0819 9153 7833. (Berbagai sumber/ISL).

722 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *