Profil Desa Sialtong yang Punya Potensi Perkebunan

Desa Sialtong merupakan salah satu desa dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai (Seregai). Luas wilayah Desa Sialtong sebesar 347 Ha. Dengan jarak tempuh dari desa menuju ke ibu kota kecamatan sajauh 6,3 Km. Keadaan topografi desa ini adalah berbukit-bukit yang dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan/pertanian. Adapun batas wilayah Desa Silatong adalah sebagai berikut: Sebelah Utara : Desa Bandar Bayu Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai, Sebelah Selatan : Desa Rubun Dunia dan Desa Hutagaluh Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai, Sebelah Timur : Desa Kotarih Baru Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai Sebelah Barat : Desa Dalam Seribu dan Desa Damak Gelugur Kecamatan Silindak Kabupaten Serdang Bedagai.

Desa Sialtong memiliki jumlah penduduk sebanyak 485 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 140 jiwa/Km 2 . Rata–rata jumlah kepala keluarga yang ada di Desa Sialtong adalah sebanyak 122 KK. Di Desa Sialtong banyak penduduk yang berprofesi sebagai Petani, baik petani pemilik lahan sendiri, petani garap maupun buruh tani.

Adapun jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki yang terdapat di Desa Sialtong Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan, yaitu 255 jiwa dengan persentase 52,58% untuk jenis kelamin laki-laki, sedangkan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan yaitu 230 jiwa dengan persentase 47,42%.

Di Desa Sialtong Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai dalam lingkungan sosial kemasyarakatannya terdapat dua macam agama yang dianut oleh masing-masing penduduk desa yaitu agama islam dan kristen protestan. Agama islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat yang ada di Desa Sialtong yaitu sebesar 260 jiwa dengan persentase 53,61% dan agama kristen protestan sebesar 225 jiwa dengan persentase sebesar 46,39%.

Dalam hal penggunaan tanah di desa Sialtong Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai dibagi kedalam beberapa jenis penggunaan yaitu untuk pekarangan, kebun, ladang, dan lain-lain. Dalam penggunaan lahan untuk kebutuhan ladang adalah pemanfaatan lahan yang paling luas yaitu sebesar 151 Ha degan persentase sebesar 43,51%, kemudian penggunaan untuk kebun seluas 142 Ha dengan persentase 40,95%. Selanjutnya di ikuti dengan pemanfaatan lahan sebagai pekarangan seluas 45 Ha dengan persentase 12,95% dan sisanya 9 Ha dengan persentase 2,59% digunakan untuk pemanfatan lainnya seperti jalan dan lainnya.

Sarana dan Prasana merupakan fasilitas yang tersedia di daerah penelitian yang bisa dimanfaatkan oleh penduduk desa maupun masyarakat umum. Dari Tabel 7 di bawah ini, dapat dilihat bahwa jumlah sarana dan prasarana penduduk yang terdapat di Desa Sialtong Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah terbanyak adalah gereja dan mushollah sebanyak 2 dengan persentase sebesar 33,33% sedangkan lainnya hanya 1 seperti balai desa dan mesjid dengan persentase sebesar 16,67%.

Biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usahatani kelapa sawit di Desa Sialtong Kecamatan Kotarih terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap. Adapun biaya tetap dalam usahatani kelapa sawit meliputi biaya penyusutan peralatan seperti biaya penyusutan kereta sorong, keranjang buah, parang, parang babat, eggrek, fiber, dodos dan tangki semprot/sprayer. Sedangkan biaya tidak tetap dalam usahatani kelapa sawit meliputi biaya upah tenaga kerja dan biaya sarana produksi yang meliputi pupuk dan herbisida. Penerimaan usahatani adalah perkalian antara produksi yang diperoleh dengan harga jual. Penerimaan yang diterima oleh petani sangat bergantung pada hasil produksi kelapa sawit dan harga jual ditingkat petani. (Berbagai sumber/ISL). 

1.152 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *