Desa Penggalian di Tebing Syahbandar, Konon Jadi Lokasi Tambang Emas

Desa Penggalian adalah salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Nama Penggalian punya sejarah yang menarik. Menurut sejarah asal kata Penggalian diambil dari wilayah desa yang dulu merupakan area penggalian emas, jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Dari cerita turun temurun, warga sekitar menyebut kalau bangsa Jepang yang sempat menjajah, di desa ini terdapat tempat-tempat penyimpanan emas, namun tidak ada satu pun tahu di mana posisi yang pasti. Daerah ini pada awalnya dihuni oleh warga Batak Simalungun. Bagi Masyarakat setempat yang awal mula menempati area ini, ditabalkanlah nama desa tersebut menjadi Desa Penggalian.

Sejak Indonesia merdeka tahun 1945 silih berganti Desa Penggalian dipimpin oleh Kepala Kampung dan Kepala Desa. Adapun nama-nama Raja/Pangulu/Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Penggalian adalah dimulai pada 1930 s/d 1941 Tamat Saragih-Kepala Kampung. Selanjutnya 1941 s/d 1949 Tuan Graung dan Tuan Jahamti-Kepala Kampung. Kemudian 1949 s/d 1952 Usup Sinaga-Kepala Kampung. Lalu 1952 s/d 1963 Abdurrahman Damanik-Kepala Kampung. Selanjutnya 1963 s/d 1964 Ambang Saragih-Createkar. Pada 1964 s/d 1992 Ahmadsyah Saragih-Kepala Desa. Setelah itu 1992 s/d 1994 Railam Damanik-PJS. Dilanjutkan 1994 S/D 2008 Ridwan Damanik-Kepala Desa. Beralih ke 2008 s/d 2014 Rosminto, Sp Kepala Desa. Kemudian 2014 s/d 2016 Samsul Budiman Damanik-Kepala Desa. Dan 2016 s/d 2022 Syaiful Amri-Kepala Desa Penggalian.

Desa Penggalian adalah salah satu Desa Dari 10 Desa di Kecamatan Tebing Syahbandar. Desa ini terdiri dari IX (Sembilan) Dusun, terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 62 km di atas permukaan laut. Dari data terbaru Dinas Dukcapil, jumlah penduduk di desa ini adalah 3.854. Jumlah kepala keluarga sebanyak 1.271. Jumlah penduduk pria lebih banyak yaitu 1.947 atau 50,52% berbanding jumlah penduduk perempuan 1.907 atau 49,48%.

  1. Ke Ibu Kota Kecamatan (Desa Paya Pasir) ± 15 Km.
  2. Ke Ibu Kota Kabupaten (Sei Rampah) ± 35 Km.
  3. Ke Ibu Kota Provinsi (Medan ) ± 85 Km.

Desa Penggalian mempunyai batasan-batasan wilayah yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara: berbatasan dengan perkebunan Bahilang dan Paya Pinang.
  2. Sebelah Timur: berbatasan dengan perkebunan Paya Pinang dan Desa Kuta Pinang.
  3. Sebelah Selatan: berbatasan dengan perkebunan Sibulan.
  4. Sebelah Barat: berbatasan dengan perkebunan Bahilang dan Pabatu.

Desa Penggalian punya visi “Melayani masyarakat desa penggalian secara menyeluruh demi terwujudnya desa yang maju, mandiri dan sejahtera maju”

Sedangkan misinya terdiri dari 9 poin, yaitu:

  1. Mempermudah urusan surat menyurat terhadap masyarakat.
  2. Melaksanakan kegiatan pembangunan yang jujur, baik, dan transparan dan dapat di pertanggungjawabkan.
  3. Mengutamakan segala jenis bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu.
  4. Berupaya mengajak masyrakat desa untuk aktif dalam organisasi-organisasi yang ada didesa seperti kelompok tani, pendidikan anak di usia dini, kelompok pengajian, seni budaya, PKK, karang taruna.
  5. Memberikan dukungan kepada masyarakat/pemuda pemudi dibidang olahraga, kesenia, usaha tani, ternak dari dana APEBDES.
  6. Penyaluran dana APEBEDES tepat sasaran dan trasparan kemasyarakat.
  7. Memberikan kesempatan mengelola dana lunak pemerintah ke dusun yang belum pernah diberi kesempatan untuk mengelola.
  8. Tanggap terhadap pengaduan masyarakat dan mengayomi masyarakat.
  9. Siap menerima kritikan dan memberi keterangan tentang penyaluran dana desa.

Demikian sedikit ulasan tentang Desa Penggalian Kecamatan Tebing Syahbandar. Untuk selanjutnya kami akan ulas daerah lain sebagai tambahan pengetahuan bagi sobat KAMI Sergai. (Berbagai sumber / ISL).

2.480 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *