Kehadiran Rest Area Beri Kenyamanan Pelaku Perjalanan Sekaligus Tumbuhkan Kegiatan Ekonomi

Halo…sobat Ini Sergai Loh (ISL) Serdang Bedagai (Sergai). Klai ini mimin akan menyuguhkan ragam informasi tentang fungsi dari Rest Area.

Seperti yang kita tahu kalau rest area iitu adalah tempat untuk beristirahat sejenak dari perjalanan yang sangat jauh. Rest area ini bisa kita jumpai di jalan tol atau di jalan-jalan nasional yang biasa dijadikan jalur perjalanan jauh oleh para pengemudi. Selain itu ada juga restoran yang dijadikan rest area oleh para pengemudi truk jarak jauh ataupun bus antarkota, biasanya restoran rest area ini bisa kita temui di jalan-jalan arteri primer.

Dilansir dari kaskus.co.id, sedikitnya ada 7 (tujuh) fungsi dari Rest Area selain untuk tempat beristirahat, yaitu ;

  1. Tempat untuk melaksanakan ibadah salat

Bagi umat Islam memilih untuk berhenti di rest area karena ingin menunaikan ibadah solat adalah pilihan yang tepat. Karena mereka lagi diperjalanan jauh dan bakal ngelewatin waktu-waktu solat, jadi mereka bakal milih untuk berhenti di rest area buat solat di masjid atau musalah

  1. Refresing

Di rest area, kita juga bisa me-refresh tubuh, otak dan pikiran. Cara masing-masing orang me-refresh dirinya juga berbeda-beda. Ada yang minum kopi sambil ngobrol supaya otaknya fresh dan semangat lagi, ada yang makan atau minum biar badannya seger lagi dan kuat lagi lanjutin perjalanan.

  1. Toilet

Namanya juga perjalanan jauh, naik kendaraan umum ataupun pribadi kita nggak bisa bawa-bawa toilet kemana-kemana kan? Kecuali kalo kita perginya naik kereta. Kalau kita bepergian naik mobil atau bus umum ya mau gak mau kalo kebelet pup atau pipis harus tunggu sampe nemu rest area terdekat atau minimal pom bensin.

Inilah fungsi lain adanya rest area di beberapa tempat, rest area jadi penyelamat mereka yang udah nggak tahan pengen ‘setoran’.

  1. Mandi

Selain itu, aja juga orang yang suka mandi di kamar mandi rest area loh. Biasanya mereka yang mandi adalah orang-orang yang sudah melakukan perjalanan jauh banget dan ngerasa udah kucel dan bau. Mau gak mau mereka mandi disana.

  1. Isi bensin

Bensin adalah kebutuhan yang paling penting buat kendaraan bermotor. Karena itulah isi bensin termasuk hal yang sering jadi alasan kenapa para pengemudi masuk ke dalam rest area. Dari sekian banyak fungsi rest area, inilah fungsi yang membuat para pengendara mau gak mau harus berhenti sebentar di rest area.

  1. Tempat janjian sm rombongan

Ada lagi nih fungsi rest area pada kondisi tertentu hahaha. Biasanya kan suka ada tuh orang-orang yang berangkat rombongan dengan bawa beberapa mobil. Biasanya kalo dijalan suka kepencar-pencar kan mobilnya, ada yang duluan didepan, ada yang ketinggalan dibelakang. Biasanya mereka akan pilih rest area terdekat buat janjian

  1. belanja

Baru-baru ini beberapa rest area menghadirkan tempat perbelanjaan. Biasanya kan suka ada kebutuhan mendadak yang harus dibeli dijalan, di rest area kita bisa aja dapetin yang kita butuhin, mau itu kebutuhan pribadi ataupun oleh-oleh untuk orang lain. Bisa jadi orang berenti di rest area bukan karena capek tapi karena ngiler liat sesuatu yang menarik jadi pengen belanja.

Pembangunan jalan tol selain menghubungkan antar wilayah, dinilai mampu menumbuhkan kegiatan ekonomi baru, meningkatkan distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di Provinsi Sumatera Utara, beberapa ruas jalan tol sudah lama beroperasi, seperti Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Medan-Kualanamu-Tebing-Tinggi (MKTT) dan Medan-Binjai. Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa merupakan jalan tol pertama yang dioperasikan oleh Jasa Marga di Pulau Sumatera pada tahun 1989.

Untuk Jalan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi (MKTT) adalah jalan tol yang menghubungkan Medan, Tebing Tinggi serta Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jalan tol sepanjang 61,80 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra dan terhubung dengan Jalan Tol Belmera.

Seperti kita ketahui bahwa jalan tol yang melintasi Kabupaten Sergai terdapat satu rest area yang biasa orang menyebutnya dengan kilometer 65 yang letaknya di kedua arah, baik arah Tebing Tinggi, maupun arah Medan, tepatnya di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Masing-masing rest area Km 65A dan Km 65B memiliki luas mencapai 4 hektar yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti Mesjid, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), toilet, mini market dan restoran.

Kehadiran rest area di jalan tol yang melintasi Kabupaten Sergai tentunya diharapkan dapat mendorong peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat setempat agar semakin maju sekaligus meningkatkan mobilitas masyarakat.

Agus, warga Kecamatan Teluk Mengkudu mengungkapkan bahwa kehadiran jalan tol MKTT ini sangat membantu mobilitasnya. Jika jarak yang ditempuh dari Kecamatan Teluk Mengkudu ke Amplas (Medan) bisa membutuhkan waktu sekitar 2 jam, namun dengan adanya pembangunan jalan tol dapat memangkas waktu hanya menjadi setengah jam saja.

“ Tak hanya hemat diwaktu saja, namun kehadiran rest area di jalan tol ini mampu menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan UMKM bagi masyarakat di sekitarnya,” ujar Agus sembari menambahkan bahwa banyak masyarakat yang membuka usahanya dan bekerja di reat area tersebut. (Berbagai sumber/ISL).

1.456 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *