Buka Tahun 2023, Bupati Sergai Pimpin Apel Gabungan dan Tinjau Pelayanan RSUD Sultan Sulaiman

Sei Rampah,

Pasca libur Tahun Baru 2023, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan apel gabungan di halaman apel kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (2/1/2023).

“Selamat Tahun baru 2023, semoga tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu dan kinerja kita tetap maksimal demi mencapai visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” kata Bupati H. Darma Wijaya pada arahannya saat menjadi Pembina Apel yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag, Pejabat Administrator serta ASN, dan Tenaga Kotrak di lingkupan Pemkab Sergai.

Ia menambahkan jika tahun 2022, jajaran Pemkab Sergai sudah bekerja dengan baik. Akan tetapi, lanjutnya lagi, di tahun 2023 ini, kinerja harus lebih kita tingkatkan lagi secara maksimal untuk merealisasikan Sapta Dambaan (Sapda) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) 2021-2026.

Bupati juga berpesan agar seluruh ASN dan Tenaga Kontrak selalu mencintai pekerjaan. Menurutnya, jika seseorang mencintai pekerjaannya maka akan memperoleh hasil maksimal sesuai yang diharapkan.

Di kesempatan ini, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini juga menyampaikan jika pihaknya tetap melaksanakan upaya percepatan penanganan bencana banjir yang sempat menimpa sejumlah wilayah di Sergai.

“Bencana adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Yang kita bisa lakukan sebagai manusia adalah berusaha melakukan yang terbaik seraya tetap berdoa,” tutup Bang Wiwik.

 

Setelah memimpin apel gabungan, Bupati Sergai kemudian melanjutkan kegiatan dengan meninjau pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman.

Bupati menegaskan Pemkab Sergai terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di tahun 2023 ini, upaya yang dilakukan adalah meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan RSUD Sultan Sulaiman. Salah satu yang menurut Bupati perlu dilakukan yaitu dengan menambah ruang rawat inap.

“Fasilitas kesehatan merupakan tempat masyarakat mendapatkan pengobatan, penanganan serta tempat pemulihan. Selain memberikan pengobatan dan pelayanan lain, beberapa jenis fasilitas kesehatan juga berfungsi untuk menyadarkan masyarakat akan kesehatan diri mau pun lingkungan,” sebut Darma Wijaya.

Bang Wiwik melanjutkan bahwa ruang rawat inap yang aman dan nyaman merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan pasien. Dalam merancang ruang rawat inap menurutnya harus memenuhi persyaratan tertentu yang mendukung terciptanya ruang rawat inap yang sehat, aman, dan nyaman.

“Nah, kita sebagai pelayan masyarakat, khususnya bidang kesehatan harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman saat masyarakat menggunakan fasilitas kita,” kata Darma Wijaya.

Darma menambahkan, selain fasilitas yang nyaman dan aman, disiplin pegawai atau pelayan kesehatan juga harus ditingkatkan demi menunjang pemberian fasilitas kesehatan yang prima.

“Fasilitas kesehatan fisik harus ditingkatkan, yang tidak kalah pentingnya juga disiplin pegawai pelayan kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan prima dengan harapan masyarakat yang sakit menjadi sehat”, pungkas Darma Wijaya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Ahmad Idris Daulay mengatakan bahwa ada 20 kamar baru yang akan dibangun pada lahan seluas 2.400 meter.

“Kamar yang direncanakan dibangunan nantinya merupakan kamar dengan tipe VIP sebanyak 10 kamar dan Super VIP sebanyak 10 kamar. Dengan harapan masyarakat Sergai akan mendapatkan fasilitas yang nyaman dan aman,” sebutnya.

Menyinggung tentang disiplin pegawai RSUD Sultan Sulaiman, dr. Ahmad Idris Daulay mengatakan bahwa disiplin pegawai sudah cukup baik, akan tetapi pihaknya akan terus meningkatkan apa-apa yang sudah bagus ataupun yang masih perlu untuk diperbaiki.

“Tak kalah dengan Rumah Sakit lain, RSUD Sultan Sulaiman terus mengalami peningkatan jumlah pasien. Ini bisa dilihat dari data terbaru yaitu sebanyak 3.500 pasien yang mengunjungi fasilitas poliklinik dan 600 pasien yang mengunjungi IGD dalam sebulan belakangan,” paparnya.(Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Tim Media

Admin : Chan

 

800 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *