Puncak Hari Jadi ke-19, Pemkab-DPRD Sergai Gelar Rapat Paripurna Istimewa  

Sei Rampah,

Puncak peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (7/1/2023)  ditandai dengan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Sergai di Sei Rampah.

” Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang mendorong terbangunnya kondusivitas di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ungkap Bupati H Darma Wijaya saat menyampaikan sambutannya di hadapan unsur Forkopimda plus, Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, mantan Bupati Sergai H Soekirman, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, tokoh masyarakat, tokoh pemekaran Sergai, pejabat dari Pemprov Sumut serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa momentum hari jadi ini merupakan sarana menumbuhkembangkan persatuan dan kesatuan serta mendorong semangat memiliki dan membangun daerah sekaligus memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah Sergai sebagai bagian dari NKRI, cetus Bupati sembari menambahkan bahwa tema yang diusung yaitu ” Dengan Semangat Hari Jadi ke-19 Kabupaten Sergai Kita Gali dan Kembangkan Potensi Daerah Untuk Mewujudkan Sergai yang Mandiri Sejahtera dan Religius.

” Seiring perjalanan usia diharapkan seluruh jajaran pemerintah dapat memotivasi dan mendorong aktif warga masyarakat dalam program kegiatan pembangunan. Selain itu, sinergi yang baik antar aparat pemerintah dapat memacu semangat untuk berkarya dan memberikan penguatan peran masyarakat dalam pembangunan,” imbuhnya.

Di katakan Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, selama berdirinya kabupaten ini,  banyak pembangunan yang dilaksanakan baik pembangunan fisik maupun pembangunan SDM yang ditandai dengan meningkatnya beberapa capaian indikator makro sosial ekonomi sebagai hasil dari pembangunan tersebut seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sergai tahun 2022 71,21 (kategori tinggi).

” Alhamdulillah persentase penduduk miskin di Kabupaten Sergai mengalami penurunan setiap tahun di tahun 2022 persentase penduduk miskin sebesar  7,82% atau menurun sebesar 0,48 poin dari tahun 2021 adapun indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2022 sebesar 4,98 persen,” kata Bupati.

Sedangkan pembangunan fisik yang dilakukan Pemkab Sergai tahun 2022 antara lain; pembangunan jalan kabupaten sepanjang 70,354 KM sehingga jalan kabupaten dalam kondisi mantap sudah mencapai 600,004 KM atau 69,08%. Pembangunan jaringan irigasi kabupaten sepanjang 6,405 KM sehingga jaringan irigasi kabupaten dalam kondisi baik sudah mencapai 150,768 KM atau 78,93 persen, pembangunan jembatan sebanyak 5 unit sehingga jembatan dalam kondisi baik sudah mencapai 75 unit atau 60,97 persen.

Kemudian pembangunan saluran drainase sepanjang 2.402 m sehingga drainase dalam kondisi baik sudah mencapai 330.167 m atau 11,69 persen. Pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 5.869,20 m sehingga total jalan produksi pertanian yang sudah dibangun mencapai 8.003,70 m atau 40,02 persen, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8.407,14 m sehingga total jalan usaha tani yang sudah dibangun mencapai 10.088,14 meter atau 201,76 persen.

Selain itu, Pemkab Sergai juga melakukan pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 994 unit sehingga total rumah tidak layak huni yang sudah dibangun sebanyak 2.617 unit atau 92,32 persen. Pembangunan akses sanitasi layak dan aman sebanyak 5245 rumah tangga sehingga total akses sanitasi layak dan aman yang sudah dibangun sebanyak 106.092 rumah tangga atau 79,83 persen. Pembangunan akses air minum layak sebanyak 1.093 rumah tangga sehingga total akses air minum layak yang sudah dibangun sebanyak 119.622 rumah tangga atau 70, 80 persen, pembangunan lumbung pangan lantai jemur dan rumah rice milling unit (RMU) masing-masing sebanyak 3 unit sehingga total yang sudah bangun masing-masing sebanyak 5 unit atau 100 persen, rinci Bupati.

Begitupun dengan pembangunan sarana pendidikan dan pembangunan sektor ekonomi menunjukkan peningkatan yang cukup baik terutama di bidang pertanian perkebunan peternakan kelautan dan perikanan.

” Dalam hal pelayanan kepada masyarakat tahun 2022 indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemkab Sergai mencapai angka 84,36 dilihat dari beberapa jenis pelayanan diantaranya pelayanan administrasi kependudukan pelayanan administrasi kecamatan dan pelayanan kesehatan. Begitu juga pencapaian kinerja program kegiatan merupakan hasil upaya aparat pemerintah, DPRD dan masyarakat tanpa dukungan semua pihak tidak mungkin Sergai dapat menjadi seperti sekarang ini. Mari terus pertahankan dan tingkatkan apa yang telah dicapai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan deretan prestasi dan penghargaan baik dari tingkat nasional maupun tingkat provinsi; penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Sumut. Selanjutnya, juara 1 Desa Wisata Terfavorit pada Lomba Desa Wisata Nusantara dan juara 2 Desa Wisata Digital dan Kreatif pada Lomba Desa Wisata Nusantara tingkat nasional atas nama BUMDES BUDUMA dari Kemenparekraf. Juara umum tim penggerak PKK kabupaten Serdang Bedagai pada kegiatan jambore kader dasawisma tim penggerak PKK tingkat provinsi Sumatera Utara.

Selanjutnya, kata Bupati lagi, peringkat satu tercepat dalam penyelesaian redistribusi tanah se provinsi Sumatera Utara sebanyak 1.650 sertifikat, penyertifikatan tanah aset Pemkab Sergai melalui kegiatan PTSL sebanyak 148 sertifikat. Penghargaan sebagai kawasan wisata super prioritas daerah 3T (terluar terdepan dan tertinggal) pada lomba kawasan wisata super prioritas daerah 3T terluar terdepan dan tertinggal kawasan perkotaan dan kawasan berbasis potensi unggulan daerah berbasis afirmasi atas nama Sungai Bah Bolon dari Kemementerian tenaga kerja dan IPB university. Penghargaan sebagai pengelolaan kepegawaian instansi terbaik kepada BKD kabupaten Serdang Bedagai dari badan kepegawaian negara regional VI serta penghargaan Anugerah Kebudayaan 2023 dari PWI pusat atas Inovasi Program Cetak Sawah Mandiri dan masih banyak penghargaan-penghargaan lainnya.

” Melalui anugerah dan penghargaan yang diraih ini kita bertekad untuk terus meraih prestasi terbaik di masa yang akan datang,” tutup Bupati Sergai.

Usai rapat paripurna dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada tokoh pemekaran yang turut berjasa di Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

530 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *