Gelar Rapat Gustu Layak Anak,  Sergai Komitmen Pastikan Hak dan Perlindungan Anak

Sei Rampah,

Untuk memastikan hak dan perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar rapat Gugus Tugas (Gustu) Layak Anak tahun 2023 yang berlangsung di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (3/2/2023).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP dalam sambutannya saat memimpin rapat menekankan jika anak-anak adalah investasi penting untuk membangun masa depan yang lebih baik.

“Dengan dilaksanakannya rapat koordinasi layak anak tahun 2023, Pemkab Sergai membuka jalan bagi program yang bertujuan memenuhi hak dan perlindungan anak. Ini adalah awal yang baik bagi kita untuk bekerja sama dan memperkuat sistem pembangunan yang berfokus pada hak anak melalui kerjasama dan pengintegrasian sumber daya dari seluruh unsur. Kita bersama-sama akan memastikan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Sergai yang kita cintai terpenuhi,” ujarnya.

Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, lewat Sekdakab mengungkapkan maksud dari program Kabupaten Layak Anak (KLA) yaitu untuk memastikan hak-hak anak Indonesia terpenuhi dengan baik. Lewat sinergi sumber daya pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha, dirinya menegaskan komitmen untuk memastikan pemenuhan hak-hak anak Indonesia.

“Ini adalah tugas kita bersama untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia,” jelas Faisal.

Ia pun berpendapat, untuk menciptakan KLA, koordinasi dari semua stakeholder sangat penting. Salah satunya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sergai yang memegang peran kunci dalam memastikan hak-hak anak terpenuhi dengan baik.

“Penting untuk menegaskan peran aktif BAPPEDA dalam mengkoordinasikan perencanaan pemenuhan hak-hak anak melalui pengembangan KLA. Ini akan memastikan bahwa pembangunan anak dilaksanakan secara holistik, integratif, dan berkelanjutan,” sebut Bupati.

Terakhir, Darma Wijaya kembali menekankan pentingnya melihat anak sebagai investasi masa depan dan seluruh pihak memiliki kewajiban untuk melindungi dan membekali anak dengan kualitas yang baik, agar dapat menjadi modal pembangunan.

“Untuk mewujudkan hal ini, peran aktif semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha sangat dibutuhkan,” tutupnya.

Sebelumnya, Kadis P2KBP3A dr. Helminur Iskandar, M.Kes mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD yang telah memberikan sumbangsihnya berupa mainan anak-anak untuk didstribusikan ke sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak dan tempat ibadah ramah anak.

“ Tahun lalu Pemkab Sergai telah memperolah penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Madya. Tentunya hal tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang memperoleh kategori Pratama. Oleh karena itu, kita berharap tahun ini meningkat dengan meraih kategori Nindya,” ujarnya sembari berharap sinergitas yang terjalin dengan seluruh stakeholder semakin baik dan erat, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Kegiatan diwarnai dengan paparan yang disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Sergai, Rusmiani Purba, SP, MM dan dihadiri Kepala BNN Ir. Pinondang Marganda, M.Si, Kakan Kemenag Sergai H Zulkifli Sitorus, S.Ag, MA, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Nuzuwar, SE, Kepala OPD, Camat serta utusan dari masing-masing OPD dan perwakilan forum anak. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

645 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *