Darma Wijaya Terima Kunjungan Bupati Halmahera Selatan

Sei Rampah,

Gelaran Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 menghadirkan tamu spesial bagi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Pasalnya dalam momen ini Bupati Sergai H Darma Wijaya menerima kedatangan Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik di ruang kerjanya di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (8/2/2023).

Bupati Usman Sidik merupakan salah satu penerima Anugerah Kebudayaan yang merupakan penghargaan tertinggi tahunan yang diberikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kepada 10 kepala daerah yang dianggap menjalankan kerja pembangunan berbasis kebudayaan.

Kedatangan Usman Sidik ini dimanfaatkan Bupati Sergai untuk memperkenalkan banyak hal terkait Kabupaten Sergai. Ia menyebut, Kabupaten Sergai, yang memiliki luas wilayah 1.952,38 Km2, terdiri dari 17 kecamatan, 237 desa, dan 6 kelurahan, memiliki Sei Rampah sebagai ibu kotanya dan pusat pemerintahannya. Berada pada ketinggian 0-500 meter di atas permukaan laut dengan garis pantai sepanjang 55 Km, Sergai memiliki jumlah penduduk sekitar 657.490 jiwa yang berasal dari beragam etnik, suku bangsa, agama, dan budaya.

Bang Wiwik, sapaan akrabnya, juga menceritakan jika saat ini pariwisata di Kabupaten Sergai sudah berbenah dan populer dikenal publik. Ia menyebut, tidak seperti Halmahera Selatan yang kondisi geografisnya memiliki banyak pulau, Sergai hanya memiliki satu pulau saja yaitu Pulau Berhala yang ada di wilayah Kecamatan Tanjung Beringin. Garis pantai Sergai yang panjang, katanya, menjadikan daerah ini kaya akan destinasi wisata bahari berupa pantai.

“Yang paling terbaru, wisata arung jeram atau rafting di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, mendapat pengakuan prestisius dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa Buluh Duri berhasil jadi Desa Wisata Terfavorit se-Indonesia mengalahkan 49 terbaik yang ada di Indonesia tahun 2022,” ungkap Bang Wiwik.

Tak hanya itu, sektor pertanian Sergai juga jadi salah satu unggulan daerah. Bahkan Sergai menjadi daerah berstatus lumbung padi Provinsi Sumatera Utara kedua terbesar di bawah Deli Serdang. Keungulan bidang pertanian ini, kata Darma Wijaya, juga jadi tema utama yang mengantarkannya diganjar Anugerah Kebudayaan dari PWI lewat Gerakan Cetak Sawah Mandiri.

Sementara itu, Bupati Halmahera Selatan mengaku tertarik pada sektor perkebunan di Kabupaten Sergai.

“Sepanjang perjalanan saya melihat hamparan perkebunan sawit yang luas. Saya bahkan sudah dokumentasikan untuk nanti dipelajari dan setelahnya mungkin akan dilakukan studi banding dan kerja sama dengan Kabupaten Sergai,” jelas Usman.

Kegiatan ini juga diikuti antara lain oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Nasrul Azis Siregar dan para kepala OPD. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

924 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *