Wabup Ajak MKKS dan K3S Sinergi Bangun Pendidikan Sergai

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri pelantikan pengurus musyawarah kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Swasta Periode 2023-2026 Kabupaten Sergai, bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (11/2/2023).

Wabup Sergai dalam sambutannya menyampaikan selamat bagi para kepala sekolah swasta yang telah dilantik mennjadi pengurus MKKS SMP Swasta dan K3S SD Swasta di Kabupaten Sergai. Wabup menjelaskan MKKS merupakan suatu wadah yang layaknya sebagai rumah untuk meningkatkan komptensi bagi kepala sekolah dalam rangka berperan serta meningkatkan mutu pendidikan. Baginya forum ini adalah suatu pencerahan buat kepala sekolah agar mampu meningkatkan profesionalisme sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan insan Indonesia yang religius, cerdas, dan terampil.

“Para kepala sekolah dituntut untuk mempunyai kompentensi manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian serta kompetensi sosial sehingag dalam konteks kompetensi tersebut para kepala sekolah dapat mewujudkan tindakan yang cerdas dan bertanggungjawab yang harus dimiliki kepala sekolah sebagai jabatan profesi,” ujar Wabup.

Dilanjutkan oleh Adlin, peran kepala sekolah sangatlah penting dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai (Sapta Dambaan) di antaranya Sekolah Mantab. Dalam hal ini kepala sekolah dituntut untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi seorang kepala sekolah; melaksanakan pembinaan teknis, baik dengan sesama kepala sekolah maupun dengan guru-guru sebagai pendidik dan memperbaiki kinerja kepala sekolah yang diimplementasikan dengan berbagai permasalahan, pengalaman, dan inovasi saat menjalankan tugas profesi.

Kemudian Ia memamparkan, fungsi MKKS dan K3S sebagai komunitas kepala sekolah antara lain menumbuhkan semangat kerja sama antar kepala sekolah sebagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan; menjalin hubungan profesional yang baik sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengemban tugas sebagai kepala sekolah; membina profesonalitas kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi seperti kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial; sarana untuk menyebarkan informasi dan mengembangkan inovasi, sehingga mutu pendidikan bisa terus berkembang; dan terakhir sebagai media bagi kepala sekolah untuk memberikan tanggapan atas kebijakan pemerintah serta penerapannya di sekolah.

Adlin berharap, dengan terbentuknya MKKS dan K3S dapat mendukung program kerja pemerintah daerah, khususnya dunia pendidikan untuk mewujudkan Sergai Maju Terus.

“Saya mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pelantikan pengurus MKKS dan K3S dapat bekerja sama dalam membangun dunia pendidikan di Sergai,” tandasnya.

Kadis Pendidikan Suwanto Nasution S.Pd, MM, mengajak seluruh pihak menciptakan inovasi pendidikan di Sergai ke arah yang lebih baik. Ia menyebut, sekolah swasta adalah bagian dari Dinas Pendidikan Sergai, sehingga ikut menjalin sinergi demi membangun Sergai.

“Jumlah sekolah swasta di Sergai adalah 54 SD dan 55 SMP. Siswa yang ada di swasta maupun negeri adalah anak-anak didik kita, mari sama kita tingkatkan kinerja agar anak Sergai bisa bersaing dengan daerah lainnya,” ungkap Suwanto.

Adapun pengurus MKKS SMP Swasta Sergai periode 2023-2026 yaitu, Ketua Arifin, S.Pd, Wakil Ketua I Fery Hamka Nasution, S.Pd, Wakil Ketua II Novita Julinar, S.Pd, Sekretaris Abdul Kholik Lubis, S.Pd, dan Bendahara Leli Saparida Lubis, S.Pd. Sedangkan untuk pengurus K3S SD Swasta Kabupaten Sergai yaitu Ketua Heri, S.Pd.I, Wakil Ketua Luthfi Purba dan Ahmad Azhar, S.Pd.I, Sekretaris Vivi Falentina Sitepu, S.Pd, dan Bendahara Wagiati S.Pd.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua Dewan Pendidikan Drs. Sayuti Nur, M.Pd, Ketua MKKS SMP Negeri Drs. Raden Saragih dan Perwakilan Koordinator Wilayah Kecamatan. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

846 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *