Peduli Kanker, Sergai Gelar IVA Test Gratis bagi 21.000 Kaum Wanita

Sei Rampah,

Mewujudkan masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang sehat sesuai yang tertuang dalam Sapta Dsmbaan (Sapda) dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya dengan menggandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sergai menggelar Gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test bagi 21.000 kaum wanita dalam rentang usia 30-50 tahun.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (14/2/2023) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, bertepatan dengan peringatan hari kanker sedunia.

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang hadir dalam kegiatan mengaku sangat mendukung pelaksanaan tes tersebut. Hal ini mengingat permasalahan kesehatan terutama kanker serviks banyak mengancam kaum wanita.

Ia berpendapat jika kaum wanita merupakan ujung tombak kesejahteraan keluarga. Sehingga menjadi penting untuk terjamin kesehatannya termasuk bebas dari kanker serviks atau mulut rahim.

Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, menekankan kepada seluruh Kepala Puskesmas, Bidan Desa, Camat, Kepala Desa dan unsur desa di Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk membantu menyosialisasikan sekaligus mendorong warganya agar mengikuti IVA Test bagi kaum wanita di rentang usia 30-50 tahun.

” Kepada kaum wanita kami imbau agar mengikuti IVA Test ini. Masyarakat bisa mengunjungi Puskesmas terdekat, karena kegiatan ini digelar di seluruh Puskesmas se-Sergai yang merupakan hasil kerja sama antara YKI dengan TP PKK Sergai,” beber Bupati sembari berharap dengan IVA Test akan meminimalisir terjadinya penderita kanker serviks, dikarenakan deteksi dini sangat membantu penderita untuk terhindar dari penyakit yang banyak merenggut nyawa kaum hawa,” pungkasnya.

Dikesempatan serupa, Ketua TP PKK Ny Hj. Rosmaida Darma Wijaya, selaku Ketua YKI Cabang Sergai, melaporkan perlunya dukungan dari para suami terhadap kesehatan kaum Ibu, mengingat masih ada laporan ada kaum ibu yang hendak ikut IVA Test namun tidak diizinkan oleh suaminya.

Lebih lanjut disampaikannya, jika hal tersebut menjadi suatu penghalang sehingga butuh dukungan dari pemerintah untuk dapat menyosialisasikan dan mendorong para suami untuk mendukung para istrinya mengikuti kegiatan tersebut, cetusnya sekaligus menekankan kepada seluruh Kepala Puskesmas agar berperan aktif mengajak masyarakat untuk memeriksakan kondisi kesehatannya terutama terkait kanker serviks.

Hj Rosmaida menambahkan, IVA Test tersebut bertujuan mendeteksi dini gejala kanker serviks atau mulut rahim sehingga dapat dicegah secara maksimal

” Untuk menyosialisasikannya kami lakukan dengan beragam cara, seperti menggelar beberapa talk show, Gebyar IVA Test kemudian melakukan zoom meeting kepada seluruh Kepala Puskesmas di seluruh Sergai. Ini semua agar kita memiliki semangat yang sama dalam menyosialisasikan pentingnya kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar peduli terhadap kesehatan terutama kanker yang banyak merenggut nyawa kaum ibu.

Dalam kesempatan tersebut digelar edukasi terkait kanker serviks oleh narasumber dr. Tengku Jefri SpOG dari Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman.

Untuk menambah semangat para peserta kegiatan Gebyar IVA Test juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Puskesmas terbaik , Kader Puskesmas terbaik yang dapat menghadirkan peserta terbanyak tes IVA di Puskesmas.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimda, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, para Camat, Kader PKK, para undangan serta ratusan masyarakat lainnya.

Gebyar tes IVA juga diwarnai dengan penandatanganan komitmen kepedulian penanganan kanker Oleh Bupati Sergai dan Ketua YKI cabang Sergai.

Momen tersebut terasa hangat kala Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya memberikan bingkisan bunga kepada suaminya Bupati Darma Wijaya sebagai simbol dan wujud kasih sayang terhadap kaum ibu.

Sebagai penutup dari kegiatan, dilakukan penggalangan dana untuk kegiatan Yayasan Kanker Indonesia yang tidak memiliki dana alokasi khusus dari pemerintah. Semua merupakan swadaya dari pengurus untuk menjenguk penderita kanker, sosialisasi dan penyuluhan. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Jaini Purba

Admin : Julia

724 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *