Buka MTQH dan FSQ, Wabup Adlin Harap Hubungan Pemkab Sergai dengan Masyarakat Lebih Harmonis

Sei Rampah,

Setelah melantik para Dewan Hakim, Dewan Pengawas dan Dewan Juri, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke-19 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-20 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2023 di halaman Masjid Agung Sei Rampah, Selasa (21/2/2023) malam.

“ Melalui Kegiatan MTQH dan FSQ semua umat islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan ini juga diharapkan hubungan harmonis masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat lebih ditingkatkan sekaligus mewujudkan kabupaten yang mandiri, sejahtera dan religius secara nyata,” kata Wabup Adlin Tambunan mengawali sambutannya.

Selain itu, katanya lagi, MTQH dan FSQ bisa melahirkan generasi Islam yang berprestasi serta mencari bibit-bibit yang berkualitas yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Sergai pada perhelatan MTQH dan FSQ tingkat Provinsi maupun nasional, katanya mengakhiri sambutan sembari mengimbau kepada peserta, para  official, para Dewan Hakim untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga stamina agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sebelumnya, Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP selaku Ketua Panitia penyelenggara melaporkan jika tema kegiatan MTQH adalah Melalui MTQH kita wujudkan masyarakat yang mandiri, sejahtera dan religius dan  tema FSQ Dengan pelaksanaan FSQ ke-20 kita lestarikan seni budaya Islam menuju masyarakat mandiri, sejahtera dan religius.

Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan antara lain; untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al- Qur’an dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dan hadits dan untuk mengembangkan seni budaya Islami, meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Adapun waktu yang diselenggarakan pada tanggal 21-25 Februari 2023 yang dipusatkan di Masjid Agung untuk kegiatan MTQ dan halaman PPQ Al Wasliyah Firdaus untuk kegiatan FSQ.

“ Kegiatan MTQH diikuti oleh 558 orang peserta yang berasal dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai, dengan cabang-cabang yang diperlombakan yaitu; cabang seni baca Al-qur’an,  qiraat Al-qur’an, hafalan Al-qur’an, tafsir Al-qur’an, fahmilqur’an, syarh Al-qur’an, seni kaligrafi Al-qur’an, karya tulis ilmiah Al-qur’an, hafalan hadits dan kafilah FSQ. Sedangkan kegiatan FSQ 345 orang peserta, dengan cabang yang diperlombakan antara lain; qasidah klasik, bintang vokalis gambus dan pop religi,” beber Faisal Hasrimy.

Hadir dalam kegiatan unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

613 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *