Tabligh Akbar PHBI di Sergai Disambut Antusias Puluhan Ribu Jemaah

Perbaungan,

Persatuan Hari Besar Umat Islam (PHBI) Perwiritan Kaum Ibu Kecamatan Pantai Cermin dan Perbaungan menggelar Tabligh Akbar, Rabu (22/2/2023), di Pantai Romantis Kecamatan Perbaungan. Ribuan jamaah turut hadir memeriahkan acara akbar tersebut.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. M. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri Tabligh Akbar yang juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum atau yang dikenal luas dengan panggilan Ijeck.

Di hadapan para jemaah dan tamu undangan, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan bahwa pihaknya selalu mendukung kegiatan keagamaan, termasuk pengajian dan tabligh akbar yang dilaksanakan di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Alasannya jelas karena visi misi yang dirinya dan Wabup Adlin Tambunan usung salah satunya mewujudkan masyarakat Sergai yang religius.

“Kegiatan semacam ini dapat kita jadikan sebagai hal yang membentengi diri dan keluarga lewat kajian ilmu dan pemahaman pengetahuan agama. Hal tersebut penting sekali dalam mewujudkan keluarga yang tangguh dan tidak mudah goyah menghadapi dampak negatif dari globalisasi yang bisa saja menggerus nilai-nilai luhur yang dipegang,” jelas Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Bang Wiwik juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai dan norma kepada para anak sebagai generasi penerus bangsa. Apalagi menurutnya di tengah banyaknya perilaku penyimpangan moral yang terjadi akibat renggannya peran aktif keluarga.

“Pilar pertama yang penting untuk mencegah demoralisasi generasi muda adalah keluarga. Untuk membangun keluarga yang baik, salah satu unsur pentingnya adalah dengan memperkuat keimanan dan pengetahuan agama. Lewat kegiatan ini kita harapkan hal tersebut bisa terpenuhi,” tambahnya lagi.

Rasa kagum disampaikan oleh Ijeck atas terselenggaranya acara ini. Wagubsu memuji antusiasme, terutama kaum ibu, yang berbondong-bondong menghadiri tabligh akbar kali ini. Bahkan para jemaah yang hadir juga berasal dari daerah tetangga seperti Deli Serdang, Tebing Tinggi, hingga Kota Medan.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini menjadi amal jariyah dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah. Tidak hanya berkumpul di sini, semoga kita bisa berkumpul juga di akhirat kelak. Insya Allah,” ucap Wagubsu.

Ketua PHBI Pantai Cermin dan Perbaungan Masitah Pane menjelaskan jika acara yang rutin diadakan setiap tahun ini diikuti oleh 41 kelompok pengajian PHBI se-Sergai dan kelompok pengajian ibu-ibu dari beberapa daerah. Ia memperkirakan, puluhan ribu jemaah menghadiri kegiatan yang awalnya direncanakan mengundang Ustadz Das’ad Latief.

“Namun beliau berhalangan hadir sebab dalam kondisi sakit. Alhamdullilah Al Ustadz Syekh Fikri Thoriq Al Katiri bisa hadir bersama kita di kesempatan ini,” ucapnya yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Dalam tausiyahnya, Al Ustadz Syekh Fikri Thoriq Al Katiri mengangkat tema Isra Miraj, mulai dari sejarah dan keutamaannya bagi umat Islam.

Di kegiatan ini panitia juga menyediakan hadiah sebanyak tujuh paket Umroh gratis dan hadiah-hadiah menarik lainnya. Adapun 6 paket Umroh tersebut yaitu tiga berasal dari Wagubsu, satu dari Bupati Sergai, dua dari travel umroh dan satu dari artis ibu kota, Sultan Djorghi, yang juga hadir.

Hadir dalam acara ini di antaranya Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, Ketua MUI Sergai H. Haspul Husnain, Unsur FORKOPIMDA Sergai, dan para tamu undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

 

767 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *