Bupati Sergai Minta Mahasiswa Berani Jadi Pengusaha

Sei Rampah,

Kesadaran akan pentingnya pengembangan potensi desa semakin meningkat di kalangan masyarakat, terutama di tengah-tengah mahasiswa.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat menerima kunjungan audiensi pihak Universitas Sumatera Utara (USU), di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/2/2023).

Kehadiran pihak USU ini bertujuan untuk menyampaikan rencana pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) pembelajaran pemberdayaan masyarakat mahasiswa USU.

Darma Wijaya menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya sebagai kaum intelektual muda, mahasiswa memiliki potensi untuk memberi sumbangsih konkrit dalam memecahkan permasalahan yang ditemui di masyarakat desa.

Salah satu yang menjadi sorotan Bupati adalah sektor pertanian di desa. Bagi Bang Wiwik, panggilan akrab Bupati, pertanian memegang peranan yang sangat vital dalam pembangunan daerah karena jika dikelola dengan baik akan menjamin ketahanan pangan.

“Adik-adik mahasiswa nanti bisa ikut berkontribusi bagi bidang pertanian. Misalnya dengan mensosialisasikan bagaimana metode pertanian yang baik dan lebih modern kepada para petani,” katanya.

Selain itu, Bang Wiwik juga mengajak para mahasiswa untuk berani menjajaki dunia usaha.

“Kebanyakan orang tua mengkuliahkan anaknya dengan harapan gampang mencari kerja. Padahal di perkuliahan, seorang mahasiswa bisa mengembangkan pengetahuan dan jiwa entrepreneurship-nya. Coba jangan sekadar menjadi pekerja, namun harus mampu menyediakan lapangan pekerjaan dengan jadi pengusaha,” pesan Bupati lagi.

Adapun KKN ini direncanakan diselenggarakan pada Juli mendatang. Lokasi KKN ditetapkan dengan 10 kriteria yaitu Desa hijau, Sehat, Sejahtra, Pintar, Wisata, Budaya, Tangguh, Toleran, Ekonomi bangkit, dan Pertanian. Kriteria ini disesuaikan dengan program kerja desa itu sendiri. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin :Julia

700 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *