Bupati Sergai Kembali Terima Kunjungan Audiensi dari Berbagai Kelompok Masyarakat

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya aktif membuka pintu ruang kerjanya untuk menerima kunjungan audiensi. Pada kesempatan hari ini, Selasa (14/3/2023), Sei Rampah, Darma Wijaya menyambut kehadiran beberapa kelompok masyarakat yaitu Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai, BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, dan panitia peresmian Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Sukadamai dan dari jajaran media Sinar Indonesia Baru (SIB).

Pada kesempatan pertama menerima kehadiran Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai, Bupati Sergai menyampaikan jika pemuda Islam memiliki peranan yang sangat penting terhadap pembangunan daerah.

“Kalau remaja masjidnya kuat, maka Insya Allah anak-anak muda yang ada di Sergai ini akan lebih aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan menghindari perbuatan merugikan,” katanya.

Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga menyampaikan kalau pemuda harus mampu menyosialisasikan berbagai program positif pemerintah ke tengah-tengah masyarakat. Salah satunya terkait upaya menurunkan prevalensi stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Upaya menurunkan angka stunting ini sudah menjadi program prioritas nasional. Para pemuda seperti adik-adik sekalian harus mampu menyampaikan kepada rekan sebaya untuk mencegah stunting yang salah satunya dengan tidak menikah di usia belia. Sebabnya menikah pada usia remaja atau sebelumnya, terutama pada usia kurang dari 18 tahun, merupakan faktor risiko bagi terjadinya stunting pada anak,” ucap Bupati mengingatkan.

Kemudian terkait Bulan Suci Ramadan yang sebentar lagi datang, Bupati juga mengajak seluruh pemuda muslim Sergai untuk aktif mengisinya dengan kegiatan-kegiatan religi, salah satunya pesantren kilat yang diinisiasi oleh Pemkab Sergai.

“Kami harap kalian bisa aktif mengikuti kegiatan pesantren kilat di Bulan Ramadan. Kegiatan pesantren kilat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan referensi agama yang tentunya sangat baik bagi para generasi muda,” katanya.

Disampaikan sebelumnya oleh Pembina Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai, Ahmad Muhazir, SH, M.Si, jika organisasi tersebut memiliki keinginan untuk bersinergi dengan Pemkab Sergai untuk membangunan Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Dalam waktu dekat kami berencana membuat perlombaan yang akan diikuti oleh peserta yang berasal mulai dari tingkat SMA hingga mahasiswa. Ini merupakan komitmen kami untuk mengarahkan para generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif,” jelasnya.

Pada kesempatan selanjutnya saat menerima BPJS Kesehatan, Bupati Sergai menyampaikan selamat bertugas kepada pimpinan baru BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam.

“Kami berharap dengan kepemimpinan Pak dr. Zoni Anwar Tanjung, BPJS Kesehatan bisa menjaga sinergi yang baik sekaligus menjadi mitra Pemkab Sergai dalam memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas,” katanya.

Sementara itu pada kesempatan serupa, selain memperkenalkan diri sebagai pemimpin BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam yang baru, dr. Zoni juga memakai kesempatan audiensi ini untuk menjelaskan Universal Health Coverage (UHC).

“UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. Kami sedang berupaya membangun ekosistem kesehatan tersebut. Kami berharap bisa menjalin kerja sama dan dukungan dari Pemkab Sergai,” sebutnya.

Kemudian pada kesempatan selanjutnya, Bupati Sergai bertemu dengan panitia peresmian HKBP Resort Sukadamai. Kehadiran mereka bertujuan untuk menyampaikan undangan agar Darma Wijaya bisa hadir dalam acara peresmian gedung HKBP Resort Sukadamai yang rencananya dilaksanakan pada 26 Maret 2023.

Merespons undangan tersebut, Bupati menegaskan jika Pemkab Sergai menjamin kebebasan melaksanakan ibadah bagi seluruh pemeluk agama, apalagi Kabupaten Sergai dikenal sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi dan salah satu visinya yaitu menjadikan Sergai sebagai daerah yang religius.

“Jika tidak ada halangan, saya akan hadir dalam acara peresmian tersebut,” kata Bupati.

Terakhir Bupati Sergai menerima kunjungan audiensi dari Kepala Biro Media Sinar Indonesia Baru (SIB) wilayah Seli Serdang-Sergai-Tebing Tinggi. Dalam arahannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika kemitraan yang terjalin selama ini diharapkan dapat semakin meningkat, sehingga penyebaran informasi baik pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat dapat terus berjalan dengan baik.

Program yang kami laksanakan saat ini adalah implementasi Sapta Dambaan (Sapda) yang di dalamnya memuat tentang 7 (tujuh) dambaan, yaitu sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (mantab), masyarakat sehat dan religius, pertanian berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

“Terkhusus program religius, kami sudah memberikan insentif kepada para guru ngaji, bilal mayit dan guru sekolah minggu. Ini kami lakukan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap mereka. Program ini sudah berjalan selama 2 (dua) tahun,” tandas Bupati.

Humala Siagian, selaku Kepala Biro menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Bupati Darma Wijaya meski di tengah kesibukannya yang cukup padat.

“Selama ini media SIB sudah bermitra dengan Pemkab Sergai khususnya dalam diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat. Kami mengapresiasi visi yang di usung oleh pasangan Darma Wijaya-Adlin Tambunan untuk menjadikan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” terangnya.

Ia menambahkan, terkait dengan program religius, Humala Siagian mengungkapkan rasa kagumnya atas perhatian Pemkab Sergai dengan memberikan insentif terhadap para guru sekolah minggu yang ada di Kabupaten Sergai. Menurutnya, perhatian seperti ini merupakan bentuk kepedulian sosok kepala daerah kepada masyarakat yang mengajarkan ilmu agama.

Rangkaian audiensi ini juga diikuti antara lain oleh Kadis Kominfo Sergai H. M. Akmal, AP, M.Si, Kabag Hukum Setdakab Sergai, Abdul Hakim Sorimuda Harahap, SH, Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah, S.Sos, Sekretaris Dinas Kesehatan Liagustina Simamora, SKM, serta rombongan pengurus masing-masing organisasi. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps/Irfan YE

Admin : Julia

 

635 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *