Bersama Kepala Daerah se-Sumut, Bupati Sergai Hadiri Kick Off Meeting Pemeriksaan Terperinci LKPD TA 2022

Medan,

Bersama seluruh kepala daerah se-Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Kamis (16/3/2023) menghadiri acara Kick Off Meeting Pemeriksaan Terinci atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provsu yang berlangsung di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provsu, Medan.

Kegiatan diawali dengan pemberian Surat Tugas Pemeriksaan Terinci atas LKPD TA 2022 oleh Anggota V BPK RI, Ir. H. Ahmadi Noor Supit, MM kepada 22 dari 34 kepala daerah di Provsu.

“ Kick off Meeting ini merupakan rangkaian dari pemeriksaan keuangan terhadap LKPD yang telah diserahkan sebelumnya ke BPK oleh pemerintah daerah. BPK melakukan pemeriksaan keuangan agar tata kelola keuangan negara efektif dan efisien. Penggunaannya tepat dan pembangunan daerah cepat tercapai,” katanya menyampaikan sambutannya di hadapan seluruh yang hadir diantaranya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edi Rahmayadi, Kepala BPK RI Perwakilan Provsu Eydu Oktain Panjaitan, S.E., M.M., Ak., CA., CSFA, Anggota DPR RI Komisi XI, Anggota V BPK RI, Bupati/Walikota se-sumut beserta pendamping masing-masing.

Lebih lanjut disampaikannya jika pihaknya saat ini mencoba merubah wajah BPK RI yang ditakuti menjadi wajah yang bisa diterima oleh subjek dan objek pemeriksaan dengan tujuan untuk menyelamatkan keuangan negara. Ia tidak ingin melihat justru temuan-temuan pemeriksaan itu menjadi kontraproduktif, imbuhnya.

Dikesempatan itu, Ahmadi Noor Supit juga menyampaikan hal-hal yang akan menjadi acuan dan pedoman dalam pemeriksaan BPK RI yaitu; penerapan Perpres 33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional, pemberian tunjangan perumahan dan transportasi DPRD, pengadaan konstruksi. Selanjutnya, angka prevelensi stunting turun, belum terpenuhinya mandatory spending bidang pendidikan, bidang kesehatan, dana desa, SIPD serta tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK yang direspon oleh daerah, bebernya.

Tak lupa Ahmadi Noor Supit juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menyerahkan LKPD ke BPK.

“ Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada kepala daerah, serta seluruh jajaran pemerintah daerah karena telah menyerahkan laporan keuangan tepat waktu bahkan lebih cepat. Melalui LKPD ini mudah-mudahan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” harapnya.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Gubsu Edy Rahmayadi, terkait dengan adanya pemeriksaan keuangan ini dapat mengarahkan para kepala daerah dalam menyusun laporan keuangan yang baik.

“Selamat datang kepada Bapak Ahmadi selaku pimpinan pemeriksaan. Tolong arahkan kami. Yakinkan kami bahwa kami punya motivasi yang baik dan benar untuk negara ini,” tutupnya.

Usai kegiatan, Bupati Sergai Darma Wijaya yang didampingi oleh Kepala BPKAD Zuhri SE, MM, Inspektur Drs. Dimas Kurnianto, A.P., S.H., M.M., M.S.P., Kadis Kominfo Drs. Akmal, A.P., M.Si menyampaikan apresiasinya kepada jajaran BPK RI Perwakilan Provsu yang telah melakukan pemeriksaan keuangan di Kabupaten Sergai.

Jajaran Pemkab Sergai, sebut Bupati lagi, terus berupaya menyajikan laporan keuangan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu. LKPD yang diserahkan ke BPK ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Pemkab Sergai dalam mengelola keuangan negara.

“ Kami terus berupaya menyajikan laporan keuangan dengan baik dan tentunya tidak melebihi batas waktu yang ditetapkan. Harapan kita bersama, semoga kerja keras kita ini membuahkan hasil yang baik pula,” tandas Bupati Darma Wijaya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Tim Media Protkompim

Admin : Julia

 

 

325 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *