Hasil Survei Wabup Sergai di Pasar Rakyat Perbaungan, Harga Bahan Pokok Jelang Puasa Cenderung Stabil

Perbaungan,

Menjelang bulan puasa yang sebentar lagi tiba, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan survei harga kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Perbaungan, Selasa (21/3/2023). Survei pasar kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, dan didampingi beberapa OPD terkait.

Di sela-sela tinjauannya, Wabup menyampaikan jika hal ini merupakan kegiatan rutin yang pihaknya lakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga barang yang stabil serta terjangkau bagi masyarakat.

“Jelang Ramadan, survei ke pasar rakyat seperti ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga stabil pada barang-barang kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat selama bulan puasa, seperti beras, daging, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bahan-bahan makanan lainnya,” ujar Wabup Adlin.

Ia menjelaskan salah satu tantangan yang dihadapi dalam momen hari besar adalah pengendalian inflasi harga-harga komoditas utama. Selain itu, dirinya menyebut survei kali ini juga merupakan kesempatan baginya untuk melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dan pedagang di pasar, sehingga pihaknya dapat menyerap aspirasi langsung terkait kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan pedagang di daerahnya.

Dari hasil pantauan Wabup di Pasar Rakyat Perbaungan, menjelang bulan Ramadan tahun ini, stok sembako cenderung cukup, bahkan pada komodits tertentu jumlahnya melimpah. Dari segi harga, dirinya juga menjelaskan jika trennya normal dan stabil untuk hampir semua jenis bahan pangan.

“Semoga kondisi seperti ini bisa bertahan untuk seterusnya sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan tenang,” timpal Wabup lagi.

Dari hasil pantauan Wakil Bupati, ada beberapa komoditas yang mengalami penurun harga seperti cabai rawit yang dihargai Rp18.000/kg dari sebelumnya Rp22.000. Kemudian bawang putih yang turun ke Rp28.000/kg setelah sempat ada di angka Rp32.000/kg. Ikan kembung pun harganya turun cukup signifikan dari yang awalnya Rp45.000/kg menjadi Rp40.000/kg. Sedangkan komoditas yang tercatat naik hanyalah telur ayam boiler yang dibandrol Rp1.600/butir atau naik Rp100 dari harga sebelumnya. Sedangkan bahan pokok lain seperti daging sapi, daging ayam, beras, tepung, minyak makan, susu, dan lain sebagainya masih di kisaran harga stabil.

Ikut mendamping Wabup Sergai dalam kegiatan ini antara lain Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Nasrul Azis Nasution, Kepala Dinas Perindag Roy CP Pane AP, M.Si, Camat Perbaungan Muhammad Fahmi S.STP, M.AP, serta perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi /Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

 

929 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *