Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Pawai Obor, Tradisi Masyarakat Tanjung Beringin Jelang Ramadan

Tanjung Beringin,

Banyak tradisi umat Islam yang dilaksanakan untuk mengungkapkan kegembiran menyambut bulan suci Ramadan. Salah satunya seperti yang ditunjukkan masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin saat melaksanakan Pawai Obor, bertempat di Masjid Jamik Isma’iliyah, Desa Pekan Tanjung Beringin, Senin malam (20/3/2023).

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, melepas para peserta yang mengikuti Pawai Obor salawatan serta ceramah agama dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Momen tersebut juga ikut dihadiri oleh antara lain Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, unsur Forkopimcam Tanjung Beringin, Kepala Desa se-Kecamatan Tanjung Beringin, dan para peserta Pawai Obor serta masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Bupati Sergai kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai terlaksananya kegiatan Pawai Obor ini, terkhusus kepada panitia dan Komunitas Bedagai Mengaji (KBM). Bupati berpendapat, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat mewujudkan visi Sergai yang religius, selain tentunya mandiri dan sejahtera.

Di kesempatan ini pula, Darma Wijaya berharap Pawai Obor dan kegiatan serupa bisa terus dipertahankan dan dilestarikan. Bahkan dirinya menyebut akan melakukan pembahasan khusus agar Pawai Obor di Tanjung Beringin mendapat dukungan aturan daerah.

“Kami akan bahas supaya kegiatan baik semacam ini ada Peraturan Bupati-nya supaya bisa dianggarkan setiap tahunnya. Bagaimana pun kegiatan Pawai Obor adalah salah satu kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan keberadaannya,” ungkap Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Dirinya tak lupa menyampaikan agar semuanya menyambut Ramadan dengan sebaik-baiknya dan mendoakan umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

“Semoga dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 ini, kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Mewakili Pemkab Sergai, kami mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada seluruhnya terkhusus kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin,” tandas Bupati.

Sementara itu Camat Tanjung Beringin, Elmiati, SAP, menjelaskan jika kegiatan Pawai Obor ini merupakan tradisi warganya. Pihaknya juga menyebut akan mendukung seluruh kegiatan positif yang diinisiasi oleh masyarakat.

“Namun kami berpesan kepada panitia agar benar-benar memperhatikan keamanan dan kenyamanan para peserta,” ucapnya.

Mewakili panitia pelaksana kegiatan Pawai Obor Kecamatan Tanjung Beringin, Pahotan menyampaikan apresiasi untuk pihak yang turut memberi dukungan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.

“Kami juga berterima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati yang telah menyempatkan diri hadir. Semoga Pemkab Sergai bisa terus memberikan dukungan kepada kegiatan Pawai Obor ini supaya bisa rutin dilaksanakan tiap tahunnya jelang Ramadan,” harap Pahotan.(Media Center Sergai).

Teks/Editor ; Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

 

741 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *