Seleksi Calon Paskibra, Pemkab Sergai Gelar Tes Wawasan Kebangsaan dan Intelijensia Umum

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Tes Wawasan Kebangsaan dan Intelijensia Umum secara online bagi 82 orang siswa SMA di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (20/3/2023).

“ Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam menyeleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sergai dan juga calon Paskibra yang akan diutus mewaliki Sergai ke Provinsi Sumatera utara (Provsu), kata Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Kaban Kesbangpol M. Kahar Efendi, S.Sos.

Ia menambahkan jika calon anggota Paskibra berasal dari seluruh SMA se-Kabupaten Sergai yang diseleksi secara terbuka dan transparan. Untuk tes wawasan kebangsaan dan intelijensia umum, katanya lagi, diadakan dan dinilai oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pusat. Bagi peserta yang lolos seleksi, maka akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tes kesehatan, terangnya.

 

Kepada para peserta seleksi ini, Kaban Kesbangpol berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius. Ia juga mengimbau para peserta dalam meningkatkan kedisiplinan dan menjunjung tinggi rasa cinta tanah air. Hal ini karena tugas seorang Paskibra bukan hanya pengibar bendera pada saat 17 Agustus saja, akan tetapi juga menjadi teladan bagi masyarakat,jelasnya.

Selain mengikuti tes Tes Wawasan Kebangsaan dan Intelijensia Umum, peserta juga diarahkan untuk mengikuti peraturan baris berbaris (PBB).

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan Kodim 0204/DS dan narasumber.(Media Center Sergai)

Teks/Editor : Hans / Rini Ry

Admin : Julia

1.047 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *