Safari Ramadan: Wadah Religi, Silaturahmi, dan Atasi Inflasi

Sei Rampah,

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah/2023, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali melaksanakan kegiatan Safari Ramadan Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, saat ditemui di ruang kerjanya, di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (5/4/2023), menerangkan, Safari Ramadan ini merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah antara Pemkab Sergai dan masyarakat dengan melakukan kunjungan ke berbagai masjid di seluruh kecamatan atau di 17 kecamatan se-Sergai.

Faisal Hasrimy menjelaskan, pelaksanaan Safari Ramadan kali ini diatur mekanismenya lewat Surat Keputusan (SK) Bupati Sergai No. 147/183/Tahun 2023 tentang “Penetapan Tim Safari Ramadan 1444 H Kabupaten Sergai Tahun 2023”.

“Dalam SK tersebut, Bupati kemudian menyusun pelaksanaan Safari Ramadan ke dalam 3 tim yang dipimpin oleh beliau sendiri, Pak Wakil Bupati, dan saya selaku Sekdakab,” jabarnya.

Masih lanjut Sekdakab, Tim I yang diketuai oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dijadwalkan mengunjungi 6 masjid berturut-turut mulai dari tanggal 3-8 April (kecuali 6 April), yaitu yang pertama Masjid Jami’ Pekan, Desa Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul, Masjid Taqwa Dusun VII, Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi,

Masjid Nurul Yakin Dusun V Desa Binjai Kecamatan Tebing Syahbandar, kemudian Dusun I Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu, Dusun I Desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan, terakhir Masjid Wahyu Aljihad, Dusun II, Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis.

Kemudian Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati H. Adlin Tambunan, menghadiri Masjid Amaliatul Muttaqin, Dusun Pala, Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Masjid Al Barokah, Dusun IV, Desa Besar II Terjun, Kcamatan Pantai Cermin, Masjid Besar Jami’, Dusun IVb, Desa Suka Sari, Kecamatan Pegajahan, Masjid Al Abrar, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Masjid Baiturrahim Desa Sei Birung Kecamatan Bandar Khalifah dan terakhir di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin.

Dan Tim III yang dipimpin oleh Sekdakab Sergai akan menghadiri 5 masjid yang adalah Masjid Al Muttaqin, Dusun I, Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi, Masjid Nurul Hidayah, Dusun V, Desa Penggalangan, Kecamatan Sei Bamban. Selanjutnya Desa Pegajahan Kahan Kecamatan Bintang Bayu, Dusun I Desa Banjar Godang Kecamatan Kotarih dan Desa Sungai Buaya Kecamatan Silinda.

Sekdakab kemudian menerangkan, ada beberapa hal yang menjadi agenda penting yang mendasari pelaksanaan Safari Ramadan ini. Selain memperkuat silaturahmi, Safari Ramadan ini merupakan upaya sungguh-sungguh Pemkab Sergai untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang tak hanya mandiri dan sejahtera, namun juga mampu menjadi daerah yang religius.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia tentu mesti dibarengi dengan peningkatan kualitas kerohanian masyarakat. Diharapkan lewat Safari Ramadan ini, aspek religius masyarakat Sergai bisa semakin meningkat,” lanjutnya.

Faisal Hasrimy juga menuturkan, Safari Ramadan ini juga merupakan wadah bagi Pemkab Sergai untuk menyampaikan informasi tentang berbagai program pembangunan di Kabupaten Sergai.

Ia berpendapat, masyarakat jelas perlu mengetahui apa saja yang telah dikerjakan dan apa-apa pula hasil pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Kita ketahui bersama, pembangunan di Kabupaten Sergai, terutama sektor infrastruktur telah melaju cukup pesat dalam selang waktu 2 tahun sejak Pak Bupati dan Pak Wabup menjabat. Misalnya saja dalam sektor pembangunan infrastruktur ruas jalan yang awalnya ada di kisaran 52% tahun 2020, kemudian meningkat drastis hingga tercatat sekarang sudah mencapai angka 85%. Tentunya masyarakat perlu tahu soal ini. Harapannya dengan mengetahui hal tersebut, tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah meningkat sehingga bisa ikut memberikan dukungan serta kontribusi bagi pembangunan kabupaten tercinta kita ini,” ucapnya panjang lebar.

*Solusi Atasi Inflasi Melalui Safari*

Sekdakab kemudian mengungkap jika pelaksanaan Safari Ramadan tahun ini dilaksanakan dengan format yang berbeda. Tak hanya diisi dengan silaturahmi dan tausiyah oleh penceramah, namun dirinya menjelaskan kalau Safari Ramadan ini juga diberengi dengan pelaksanaan program pasar murah.

Ia mengemukakan, dalam pasar murah ini Pemkab Sergai memberikan subsidi terhadap berbagai kebutuhan pokok masyarakat sehingga dapat dijajakan dengan harga yang lebih terjangkau. Kebutuhan pokok tersebut, rincinya, terdiri dari minyak goreng kemasan ukuran 2 liter yang dihargai Rp. 20.000, telur 15 butir Rp.18.000. Kemudian untuk gula pasir kemasan 2 kg dibanderol Rp.20.000 dan terakhir beras kemasan 5 kg seharga Rp.48.000.

“Harga tersebut tentu lebih terjangkau dibanding harga pasaran. Pelaksanaan pasar murah ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhakn serta memberi rasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa,” tambahnya lagi.

Selain itu pelaksanaan pasar murah ini, kata Sekdakab, juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Sergai untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Ia berpendapat, inflasi merupakan salah satu tantangan besar yang mesti dihadapi di tengah perayaan hari besar nasional, termasuk bulan suci Ramadan. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan terhadap produk kebutuhan yang sering tidak dibarengi dengan tersediannya stok di pasaran.

“Untuk itu dengan pelaksanana pasar murah ini, kita berharap besar bisa membantu tersedianya komoditas pangan pokok di pasaran dan di saat yang sama bisa menekan laju inflasi. Pada akhirnya, kita berharap masyarakat tidak perlu menjalani ibadah puasa tahun ini dalam kondisi khawatir, apalagi saat ini adalah momentum nasional untuk memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid-19 yang beberapa tahun belakangan cukup menggerus banyak sektor,” tandasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

1.028 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *