Safari Ramadan Pemkab Sergai Kembali Berlanjut, 3 Tim Kunjungi Masjid di Serbajadi, Pantai Cermin, dan Sei Bamban

Serbajadi,

Rangkaian Safari Ramadan tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali berlangsung, Selasa (4/4/2023) sore.

Tiga tim Safari Ramadan Pemkab Sergai yang terdiri dari Bupati Sergai Darma Wijaya, Wakil Bupati (Wabup) Adlin Tambunan dan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP melaksanakan silaturahmi ke 3 kecamatan berbeda. Bupati Sergai hadir di Masjid Taqwa, Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi. Kemudian Wabup mendatangi Masjid Al Barokah, Dusun IV, Desa Besar II Terjun, Kecamatan Pantai Cermin. Lalu Sekdakab bersafari Ramadan di Masjid Nurul Hidayah, Dusun V, Desa Penggalangan, Kecamatan Sei Bamban.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan pada tahun ini pihaknya akan mengunjungi 17 masjid yang tersebar di 17 kecamatan se-Sergai. Darma Wijaya menyampaikan Safari Ramadan ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dalam suasana kebersamaan, sehingga mampu mewujudan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus:  Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“Kita semua berharap kehadiran bulan Ramadan akan mampu membentuk manusia yang kuat; tidak hanya kuat secara fisiknya saja, tetapi juga mampu membentuk kepribadian yang tangguh. Saya yakin dengan ketangguhan itu, kita mampu mewujudkan cita-cita dan idealisme dalam mencapai kemandirian dan kesejahteraan,” ucap Bupati Sergai.

Bupati Darma Wijaya dikesempatan itu juga menyampaikan jika pihaknya telah melaksanakan serangkaian pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sergai, tak terkecuali di Desa Pulau Gambar, tempat ia hadir hari ini.

“Ada kurang lebih 1,8 km lagi jalan dari Desa Sennah menuju Pulau Gambar yang akan dilakukan pengaspalan. Rencananya pengerjaannya akan dilaksanakan sebelum lebaran tahun ini,” ungkap Bupati.

Tak lupa, Darma Wijaya mengingatkan jika pembangunan yang dilaksakana harus dibarengi dengan komitmen masyarakat untuk menjaga hasilnya.

“Membangun infrastruktur memang bukan hal yang mudah, tapi lebih sulit lagi menjaga dan merawatnya. Untuk itu saya berharap agar kita semua berkomitmen untuk bersama-sama menjaga dan merawat infrastrktur yang telah disediakan oleh pemerintah,” katanya.

 

Selain dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat, Safari Ramadan Pemkab Sergai tahun ini juga dirangkaikan dengan gelaran pasar murah. Darma Wijaya menjelaskan dalam program ini, Pemkab Sergai memberikan subsidi terhadap bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur. Tentunya harga yang dibandrol di bawah kisaran harga pasar. Dirinya menyebut, untuk satu paket sembako yang terdiri dari beras 5 kg, telur 15 butir, gula 2 kg, dan minyak goreng 2 kg, masyarakat cukup membayar dengan harga Rp. 106.000. Sedangkan harga jual pasar mencapai Rp. 145.000 sehingga ada subsidi sebesar Rp. 39.000.

“Ini merupakan komitmen pemerintah untuk memastikan masyarakat di Sergai bisa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dengan tenang dan nyaman. Lewat program pasar murah ini juga kami berupaya untuk menekan angka inflasi di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Ditemui di lokasi berbeda, Wabup Sergai Adlin Tambunan juga ikut menyampaikan capaian pembangunan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Sergai. Adlin Tambunan mengklaim, dalam jangka waktu dua tahun kepemimpinan keduanya, pembangunan di Kabupaten Sergai mengalami peningkatan yang cukup drastis.

“Tahun 2020, pembangunan infrastruktur jalan hanya ada di angka 52%. Namun dari data terakhir yang kami terima pada periode 2022-2023, pembangunan sudah berjalan dengan persentase 85%. Ini semua tak lepas dari dukungan besar yang diberikan oleh masyarakat Sergai,” ujar Adlin lagi.

Tak hanya pasar murah, Safari Ramadan Wabup Sergai kali ini juga dibarengi dengan penyerahan santunan kepada 50 orang kaum duafa.

Safari Ramadan kali ini juga diikuti oleh jajaran FORKOPIMDA Sergai, para Asisten, Kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta jamaah masjid yang dikunjungi. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps/Irfan YE/Jaini Purba

Admin : Vivi

826 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *