8 Perpustakaan di Sergai Telah Terakreditasi Perpusnas RI

Sei Rampah,

Sebanyak 8 unit Perpustakaan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah terakreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Sergai, Jumat (14/4/2023), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Elinda Sitianur, SE, secara langsung menyerahkan sertifikat kepada para perwakilan perpustakaan penerima sertifikat akreditasi tersebut.

Adapun Perpustakaan penerima Sertifikat Akreditasi Perpunas RI, antara lain; Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Perbaungan, Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Sei Rampah, Perpustakaan Sekolah SMP Negeri 1 Pantai Cermin, Perpustakaan Sekolah SMP Negeri 1 Pegajahan, Perpustakaan Sekolah SDN 106206 Sidodadi Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu, Perpustakaan Khusus SUAR DPRD Kabupaten Sergai, Perpustakaan Desa Rambung Sialang Tengah Kecamatan Sei Rampah dan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Serdang Bedagai meraih nilai B pada akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Asisten Administrasi Umum Ir H Kaharuddin, MM menyampaikan bahwa minat baca yang tinggi akan memiliki dampak positif terhadap peningkatan kualitas SDM. Oleh karenanya, kehadiran perpustakaan di setiap sekolah tentunya sangat mendukung dalam proses pembelajaran khususnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi siswa.

“ Pemkab Sergai menjadikan sektor pendidikan sebagai pondasi penting dalam pembangunan daerah. Karenanya sarana dan prasarana yang mumpuni seperti perpustakaan harus ada di sekolah-sekolah. Harapan kita bersama dengan adanya fasilitas perpustakaan yang berkualitas pendidikan di Tanah Bertuah Negeri Beradat tentunya semakin berkualitas juga,” pungkasnya.

Salah satu penerima sertifikat akreditasi perpustakaan,  Ari Gunawan, M.Pd yang merupakan Kepala SDN 106206 Sidodadi Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sergai atas dukungan dalam pembangunan perpustakaan.

“Kami memiliki satu unit Perpustakaan yang dinamai dengan “Menawan”. Melalui Perpustakaan ini kami terus berupaya meningkatkan minat baca bagi para siswa dengan memberikan bahan bacaan. Bukan tanpa alasan, hal ini tentu untuk kemajuan bagi generasi penerus bangsa,” terang Ari.

Ia menyebut bahwa perpustakaan sekolah adalah salah satu sarana dalam mendukung proses pembelajaran yang memiliki fungsi sebagai pusat sumber belajar.

“ Tentunya juga untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas seperti yang tertuang dalam Sapta Dambaan (Sapda) Kabupaten Sergai. Selain itu perpustakaan sekolah juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi siswa untuk mengembangkan pengalaman dan pengetahuannya secara lebih luas dan menyeluruh. Kehadiran perpustakaan diharapkan dapat bersinergi dalam mendukung  percepatan keberhasilan proses pembelajaran bagi siswa,” jelasnya. (Media Center Sergai/Rini Ry).

1.074 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *