Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Bupati Sampaikan Amanat Kapolri

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya memimpin upacara gelar pasukan Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/Tahun 2023. Upacara ini digelar di lapangan apel Polres Sergai, Sei Rampah, Senin (17/4/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Sergai dengan membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berisi beberapa poin penting, terutama terkait pelaksanaan mudik lebaran.

Dalam sambutan tersebut Bupati menyebut Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Selain itu menurutnya, kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

“Oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 selama 14 hari, sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023”, kata Darma Wijaya.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan mitra Kamtibmas lainnya. Pasukan yang dilibatkan akan ditempatkan pada tiga titik pos diantaranya pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

“Demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, sedangkan angkutan yang masih diizinkan beroperasi adalah kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bahan pokok”, urainya.

“Terkait permasalahan lakalantas optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan porselin dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan, lakukan secara humanis”, lanjutnya

Kapolri lewat amanatnya juga menekan kepada petugas lapangan dengan mengingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan.

“Lakukan penguatan edukasi tertib lalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan”, pesannya.

Pada Operasi Ketupat 2023, ia juga meminta dukungan penguatan komunikasi publik dan pastikan informasi bukan hanya dikirim namun juga dipastikan sampai.

“Siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik”, imbuhnya.

Di samping kerawanan yang timbul akibat peningkatan mobilitas masyarakat, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok harus tetap terjaga.

“Tingkatkan koordinasi antar satgas pangan dengan stakeholder terkait sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bahan poko selama perayaan Hari Raya

Turut hadir dalam kegiatan unsur Forkopimda, Sekwan Sergai dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin :  Julia

720 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *