Tingkatkan Potensi PAD Lewat Retribusi, Pemkab Sergai Gelar Monitoring di Objek Wisata

Sei Rampah,

Tak diragukan lagi, keindahan objek wisata di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) baik wisata bahari lewat bentangan pantainya yang menarik maupun wisata alam berupa sungai dengan arung jeram yang kesemuanya sangat luar biasa indah, aman, dan nyaman.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya lewat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Kadis Poraparbud) Drs. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya, di Perbaungan, Jumat (28/4/2023), pasca melaksanakan kegiatan monitoring objek wisata di momen libur dan cuti bersama Idulfitri 1444 H/2023 M.

“Monitoring ini kami laksanakan pada Senin dan Selasa, 24-25 April yang lalu, bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Ibu Sri Rahmayani dan didampingi Kabid Pariwisata Anita Pratiwi serta Camat Perbaungan Muhammad Fahmi S.STP, M.AP. Tim monitoring menyambangi Pantai Wongrame, Pantai Pondok Permai, Pantai Bali Lestari, Themepark kawasan Wisata Pantai cermin (WPC), Pantai Cemara Kembar, Pantai Mangrove Kampung Nipah, Pantai Romantis, dan terakhir berlabuh di Pantai Sialangbuah,” ujar Kadis Poraparbud, sembari menambahkan monitoring ini memastikan ketersediaan fasilitas umum yang ada di objek wista, misalnya kamar mandi yang bersih, ketersediaan musala, tempat sampah yang cukup, restoran yang representatif, pondok-pondok wisata yang tertib, bersih, aman dan nyaman.

Akmal menjelaskan, di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, Kabupaten Sergai mengusung visi Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, yang kemudian tertuang di dalam program prioritasnya yaitu Sapta Dambaan (SAPDA).

“Salah satu program prioritas tersebut adalah “Wisata Sergai yang Maju Terus. Monitoring ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung, melakukan pengawasan dan memastikan pelayanan kepariwisataan kepada pengunjung di objek-objek wisata berjalan baik. Pengelola wisata diharapkan memberikan pelayanan wisata dengan ramah dan penuh senyum. Berikan rasa aman dan nyaman serta kepuasan kepada pengunjung sehingga pengunjung wisata akan puas dan tentunya rindu untuk dapat berkunjung kembali ke objek-objek wisata yang ada di Sergai ini,” tambahnya lagi.

Masih lanjut Akmal, yang tak kalah penting adalah pengawasan terhadap tiket masuk ke objek wisata tersebut dapat menggunakan tiket masuk hasil porporasi Pemkab Sergai. Menurutnya, hal itu menjadi tolok ukur pemasukan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi yang dikelola oleh Dinas Poraparbud Kabupaten Sergai dan untuk memastikan tidak ada kebocoran dalam memenuhi target retribusi dari sektor kepariwisataan.

Lewat monitoring tersebut, ia juga mengajak seluruh pihak terakit untuk ikut membangkitkan pariwisata di Kabupaten Sergai dengan memberikan pelayanan wisata kepada pengunjung sebaik-baiknya, karena bisnis wisata adalah bisnis kebahagian.

“Mari berkunjung ke Kabupaten Sergai, nikmati wisata pantainya yang indah dan kuliner seafood-nya yang enak dan enak sekali, lezat tiada tara dan ngangenin kita semua. Nikmati jeram dan derasnya sungai Bahbolon dengan arung jeramnya yang luar biasa indah dan menarik, tentunya masih asri dan sungguh sangat eksotis yang luar biasa. Maju terus Kabupaten Sergai,” tandasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

854 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *