Gelar Silaturahmi, Bupati dan Wabup Tekankan Peran Penting PPL dalam Pembangunan Pertanian di Sergai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Adlin Tambunan bersilaturahmi dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL), yang dilaksanakan di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (27/4/2023).

Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan jika PPL memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Sergai, apalagi pertanian menjadi salah satu program prioritas yang dirinya dan Wabup usung lewat Sapta Dambaan atau SAPDA.

“Kami menyadari betul pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Untuk itu kami berupaya melaksanakan pembangunan pertanian lewat misi “Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan”, ucap Bupati Sergai.

Bupati Sergai menjelaskan PPL memiliki tugas dan fungsi memberikan penyuluhan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usahatani guna meningkatkan kesejahteraannya.

“Sekarang PPL sudah diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dengan statusnya yang sudah PPPK, diharapkan lebih termotivasi lagi untuk bekerja maksimal dan dengan mindset yang lebih baik. Mari kita tingkatkan sektor pertanian di Kabupaten ini,” tambahnya lagi.

Bupati kemudian menyebut, pihaknya berencana untuk memberikan reward kepada PPL yang berprestasi.

“Saat ini kami telah melaksanakan pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana pertanian. Jadi kami berharap, hal tersebut bisa memacu kerja kita untuk membangun sektor pertanian di kabupaten yang kita cintai ini,” tandasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Darma Wijaya kepada salah satu seorang petani sukses asal Sergai bernama Boirin yang mampu mencapai prestasi luar biasa hingga ke tingkat nasional.

“Beliau ini tamatan SMP. Namun berkat niat yang kuat serta keinginan untuk belajar beliau mampu memberikan kontribusi terhadap produktivitas pertanian di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Ini bisa menjadi insprasi bagi kita semua,” pujinya.

Di kesempatan yang sama Wabup Sergai Adlin Tambunan memuji para PPL yang menurutnya telah berperan menjadi tonggak pertanian.

“PPL ini ada di lapangan dan memberi solusi saat para petani kita menghadapi masalah dalam proses produksi hasil tani. Contohnya saat petani menemui tantangan menghadapi hama. PPL kemudian dapat memberikan kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk mengentaskan persoalan itu,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menegaskan Bupati dan Wabup membawa komitmen yang tinggi untuk memajukan pertanian.

“Produksi pertanian yang ada di Kabupaten Sergai terus digenjot oleh pimpinan dalam hal ini Pak Bupati dan Pak Wabup. Ini dibuktikan dari berbagai capaian yang telah diperoleh,” ujarnya.

Momen silaturahmi ini juga diisi dengan motivasi yang disampaikan oleh Boirin. Pria yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Sei Sekata ini menyebut jika PPL punya jasa dalam memberikan referensi buatnya sejak mulai merintis di bidang pertanian pada tahun 2008.

“Bapak dan Ibu PPL ini banyak memberikan pelajaran dan ilmu kepada saya bagaimana menaikkan produksi pertanian yang ada di Kabupaten Sergai. Salah satu referensi yang saya peroleh adalah bagaimana caranya dengan modal sedikit tapi hasil pertanian yang didapat lebih maksimal,” katanya.

Tak lupa ia juga mengajak PPL untuk aktif berdiskusi dalam memajukan pengolahan lahan pertanian sehingga tujuan Sergai menjadi lumbung padi provinsi dapat tercapai.

“Swasembada pangan merupakan target Bapak Bupati dan Bapak Wabup agar sama-sama kita capai,” sebutnya.

Hadir dalam silaturahmi ini di antaranya Kepala Dinas Pertanian Dedy Iskandar SP, MM, dan jajaran serta seluruh PPL se-Kabuapten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin :  Vivi

694 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *