Kendalikan Inflasi Pasca Idulfitri Lewat Ketersediaan Stok Pangan di Sergai

Sei Rampah,

Stok pangan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pasca Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 sangat penting untuk dipastikan ketersediaanya. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya lewat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, di sela-sela rapat koordinasi (rakor) inflasi derah bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri secara virtual, di ruang Command Center, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (8/5/2023).

Sekdakab Faisal Hasrimy menjelaskan, rakor kali ini langsung dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan membahas penanganan inflasi daerah, yang merupakan pembahasan lanjutan dari rakor sebelumnya telah dilaksanakan pada 03 Mei 2023, serta diikuti kepala daerah se-Indonesia.

“Pak Mendagri menyampaikan, inflasi Indonesia menurun dari 4,97 menjadi 4,33 dari Maret ke April 2023, sesuai dengan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik. Upaya yang dilakukan oleh Kemendagri yang bersinergi dengan pemerintah daerah tampaknya berdampak positif dalam mengendalikan laju inflasi,” ucap Faisal.

 

Menurutnya kesolidan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat sangat diperlukan guna menyiapsiagakan Indonesia menghadapi krisis pangan, energi, dan keuangan.

Disampaikan oleh Sekdakab, dalam rakor kali Mendagri juga menjelaskan ada beberapa komoditas yang masih perlu mendapat atensi oleh seluruh pemerintah daerah, yaitu di antaranya beras, minyak, dan gula yang belum merata di berbagai tempat.

“Pak Tito menyebut, ada beberapa daerah yang harganya murah, tapi beberapa daerah harganya mahal, sehingga perlu untuk dimonitor. Dalam hal ini, satgas pangan daerah, Dinas Perdagangan, dan lainnya, dapat berkoordinasi dengan lintas sektoral, stakeholder, dan juga internal,” ucapnya.

Terkhusus untuk Kabupaten Sergai, Faisal Hasrimy meminta OPD terkait untuk terus memonitor produksi dan ketersediaan stok pangan seperti bawang merah, bawah putih, cabai dan beras. Menurutnya hal ini sangat penting demi mencegah terjadinya inflasi di daerah.

“Komoditas tersebut mesti dipastikan jumlah produksinya mencukupi dan di pasaran juga stoknya tersedia dengan harga yang wajar sehingga bisa diakses oleh masyarakat,” tandasnya.

Rakor virtual kali ini juga dihadiri oleh Kepala BPS Sergai Marine Sohadi Angkat, S.Si, M.Si, para Asisten, jajaran Kepala OPD, serta perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

823 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *